Jakarta Bsi-News

Kondisi saat ini, dimana pandemi covid-19 masih mempengaruhi kehidupan di segala aspek salah satunya dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan secara online seperti belajar hingga bekerja.

Salah satu yang meningkat dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan online yakni meningkatnya pemasangan akses internet.

Kondisi tersebut, mendasari sekelompok Dosen yang tergabung dalam kelompok Pengabian Masyarakat (PM) dari Prodi (Program Studi) Teknologi Komouter (TK) jenjang D3 FTI (Fakultas Teknik Dan Informatika) kampus UBSI (Universitas Bina Sarana Informatika) untuk mengedukasi DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Darul Hikmah Depok untuk mengamankan akses jaringan WiFi.

“Kami melihat pemasangan akses internet saat ini diberbagai wilayah sedang meningkat, maka dari itu selain memasang internet atau jaringan WiFi kita juga perlu memahami ancaman untuk jaringan WiFi dan bagaimana cara mengamankan jaringan WiFi yang kita miliki” jelas Rachmat Adi Purnama selaku ketua kelompok PM.

Ia melanjutkan bahwa pada kali ini, edukasi pengamanan jaringan WiFi kami berikan kepada anggota DKM Darul Hikmah Depok ini dengan harapan setelah mengikuti para peserta dapat mengimplementasi di lingkungannya baik di rumah masing-masing atau dilingkungan kerjanya.

Hanggoro Aji yang pada pelaksanaan PM memberikan pemaparan materi mengenai cara mengamankan jaringan WiFi menjelaskan mulai dari pengertian WiFi, mekanisme WiFi, model jaringan, jenis penyerangan jaringan WiFi, hingga cara mengamankan jaringan WiFi.

“Dari beberapa penyerangan yang bisa dilakukan melalui jaringan WiFi, ada beberapa Teknik untuk mengamankan WiFi yang kita miliki antara lain dengan menyembunyikan SSID, MAC Filtering, Captive Portal, Mengisolasi jaringan wireless hingga mengontrol jaringan Wireless” papar Hanggoro Aji .

Selain Itu Hanggoro Aji juga mendemonstrasikan salah satu teknik untuk mengamankan jaringan WiFi kepada para peseta.

“Sebagai dosen kami ingin pengetahuan yang kami miliki juga dapat membawa mafaat untuk masyarakat, salah satunya pengetahuan kami dalam hal jaringan internet yang bisa kami bagikan kepada masyarakat sebagai wawasan yang bisa di implementasi” tambahnya.

Hanggoro Aji juga mengungkapkan bahwa walau kegiatan ini diselenggarakan secara online via Zoom pada tanggal 12-13 September 2020 lalu, tidak mengurangi antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah walau kegiatan dilakukan online, dosen-dosen memfasilitasi kami dengan baik dan materi yang disampaikan sangat bermanfaat sesuai kondisi saat ini terutama untuk yang memiliki jaringan internet di rumah” tanggapan salah satu peserta