Jakarta Bsi-News

Saat ini menjadi seorang dosen tidak mudah. Selain, harus melakukan kegiatan belajar mengajar, dosen juga harus dituntut mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya, aksi pengabdian masyarakat sebagai kegiatan rutin yang harus dilakukan.

Hal itu untuk memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Oleh karenanya, lima dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Fakultas Komunikasi & Bahasa menggelar pengabdian masyarakat di Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur yang berlokasi di Jl. Otista Raya No.121, RT.13/RW.8, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330, Sabtu (24/04/2021).

Di tengah-tengah pandemi covid-19, pelatihan ini kami lakukan secara online melalui aplikasi meeting Zoom Mengingat situasi masih dalam PSBB dan mengikuti peraturan daerah agar segala kegiatan sebaiknya dilakukan dirumah.

Bertema “Sosialisasi Pemberdayaan Komunikasi Literasi Sebagai Upaya Membangun Motivasi Menulis”, keempat dosen tersebut ingin berbagi ilmu sekaligus penerapannya. “Intinya dengan pelatihan ini kami berharap remaja di sini melakukan proses kegiatan membaca ini merupakan salah satu aspek dalam kegiatan literasi. literasi adalah kegiatan dengan muatan aspek yang luas. Literasi meliputi kegiatan menulis, membaca, berbicara, mendengar dan berbudaya. Maka dari itu, tak heran jika dunia literasi identik dengan cerminan kita sebagai masyarakat untuk berbahasa dan berbudaya,” Ketua Kelompok PM, Fitriyanto, S. I.Kom, M.M.

Ditambahkan Fitriyanto, belakangan ini ia prihatin dengan maraknya menulis yang tidak menguasai tekhnik bagaimana menguasai dirinya.

“Semoga lewat pelatihan ini akan Membangun Motivasi Menulis Kepada Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur,” harapnya.

Tutor pelatihan tersebut, Fajar kurniawan, S.Sos, M.Si mengatakan dirinya senang bisa berbagi dengan belasan peserta yang kebanyakan masih remaja. Terlihat dari antusias peserta yang aktif bertanya kiat-kiat membangun motivasi menulis dan bagaimana tips menulis sesuai kode etik jurnalistik.

“Luar biasa animo remaja Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur ini. Saya yakin semua peserta punya kemampuan menulis yang baik di masa mendatang,” katanya.

Selain Fitriyanto, S. I.Kom, M.M dan Fajar kurniawan, S.Sos, M.Si , ketiga dosen yang terlibat adalah, A yuda triartanto, M.I.kom, S.Sos, Yusni mirat la ode, S.I.kom, M. Dalam melakukan pengabdian masyarakat, keempat dosen UBSI dibantu satu mahasiswa, yakni, Iqbal.

Sebelum akhir sesi, peserta juga diberikan tantangan tampil di depan dosen UBSI. Tiga orang terpilih untuk tulisannya dinilai oleh tim dosen UBSI, Della fahrina (juara1), Muhammad Rayhan Zakwan (juara 2) dan Hanifah (juara 3). (Fitriyanto)