“KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH LULUSAN AKUNTANSI” UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Jakarta-BsiNews

Kegiatan seminar mahasiswa semester satu  Program Studi Akuntansi (D3) Universitas Bina Sarana Informatika di Kampus  Salemba 22 merupakan salah satu kegiatan  rutin yang dilakukan diluar kegiatan perkuliahan dengan tujuan mengembangkan keilmuan dan wawasan dalam bidang akuntansi. Acara seminar dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2018 dengan jumlah peserta 150 mahasiswa dengan tema seminar yaitu “Kompetensi Yang Harus Dimiliki Oleh Lulusan Akuntansi”, dengan narasumber Ibu Monika Nabillya, Corporate and International Affair Ikatan Akuntan Indonesia dan ASEAN Federation Off Accountants (AFA) Secretariat Staff yang berada dibawah naungan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

 

Saat pemaparan narasumebr menjelaskan, saat ini sudah terjadi perubahan pada lingkungan bisnis diantaranya dengan adanya disrupsi teknologi (penggunaan teknologi dalam bisnis termasuk FinTech), globalisasi (tantangan baru dan regulator serta penegakan hukum) dan persaingan dengan membuka jalur perdagangan dan pertukaran jasa diantara negara ASEAN, untuk menghadapi kondisi tersebut makan lulusan Program Studi Akuntansi  Universitas Bina Sarana Informatika harus memiliki kompetensi sesuai tuntutan dunia kerja agar mampu bersaing didalam dunia kerja baik lokal, nasional maupun internasional.

 

Strategi yang dapat disiapkan oleh calon akuntan diantaranya : 1) mencapai kompetensi  maksimal akuntan; 2) memiliki sertifikat kompetensi; 3) memiliki prestasi tambahan; 4) menguasai soft skills; 5) menguasai bahasa asing; 6) persiapan mental untuk menjadi player.

Area kerja untuk Akuntan the past diantaranya financial reporting, auditing, tax computation; the present (internal control, risk management, regulatory compliance); the future (costing, budgeting, performance management).

 

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan tanya jawab ringan yang menyenangkan, mahasiswa sangat antuasias menjawab pertanyaan Ibu Monika Nabillya dan mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar maka diberikan souvenir hadiah yang menarik. Setelah tanya jawab kegiatan seminar ditutup oleh moderator, dengan harapan semoga peserta seminar dapat mengambil manfaat dari kegiatan seminar dan mulai mempersiapkan diri untuk memenuhi kompetensi yang diharapkan agar kelak dapat menjadi akuntan yang handal.

 

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab ringan yang menyenangkan, mahasiswa sangat antusias menjawab pertanyaan Ibu Monika Nabillya dan mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar diberikan souvenir yang menarik.