Prodi Sastra Inggris FKB UBSI Gelar Pengabdian Masyarakat di Yayasan Nurul Aitam Cinere- Depok

Depok-BsiNews

 

Pengabdian Masyarakat merupakan wadah para akademisi untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan merupakan bagian dari tridarma yang harus dilaksanakan segenap akademisi, dalam hal ini pun termasuk para akademisi yang tergabung dalam Prodi Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika (FKB UBSI). Sesuai jadwal, Tim pengabdian masyarakat  melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada hari Ahad, 11 November 2018. Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, tim dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika melibatkan peserta para pendidik Yayasan Nurul Aitam Pangkalan Jati Baru Cinere Depok.  “Pelatihan Microsoft Excel Dalam  Meningkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer Bagi Pendidik Yayasan Nurul Aitam Kelurahan Pangkalan Jati Baru Cinere” menjadi tema yang diusung. Kemampuan pengolahan data komputer khususnya microsoft excel merupakan salah satu indikator utama penguasaan ketrampilan komputer bagi pendidik maupun praktisi untuk olah data hitung melalui komputer. Jika para pendidik mampu melakukan olah data Microsoft Excel  dengan baik pada pengoperasian komputer maka dapat diharapkan bisa di ajarkan kepada peserta didik mereka di yayasan tersebut.

 

Acara dibuka oleh pembawa acara Maylinda Vina Violita dan dimulai dengan pembacaan doa terlebih dahulu. Selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh perwakilan pengurus dari Yayasan Nurul Aitam, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari perwakilan tim Pengabdian Masyarakat Prodi Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika yang disampaikan oleh Sri Mulyati. Dalam sambutannya, pimpinan pengurus Yayasan Nurul Aitam menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap keluarga besar Prodi Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika yang telah hadir untuk bersilaturahim sekaligus membagikan ilmu kepada para pendidik Yayasan Nurul Aitam, beliau juga mengungkapkan semoga apa yang diberikan oleh bapak-ibu dosen dari UBSI bermanfaat bagi segenap pendidik di Yayasan Nurul Aitam, terakhir beliau juga berharap semoga ke depannya kegiatan serupa dapat rutin digelar sehingga kedua belah pihak mampu mendapatkan benefit dari kegiatan tersebut.

 

Setelah rangkaian sambutan, tiba saatnya bagi FKB UBSI melakukan Proses pemaparan materi. Selaku pemateri utama Unpris Yastanti didampingi Irwin Ananta Vidada dan sejumlah mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Nampak sesi pelatihan tersebut disambut antusias para peserta yang hadir menambah suasana keakraban dalam kegiatan tersebut. Sri Mulyati selaku ketua pelaksanan Tim Pengabdian masyarakat dari FKB UBSI menyampaikan kalau kemampuan pengolahan data komputer khususnya microsoft excel merupakan salah satu indikator utama penguasaan ketrampilan komputer bagi pendidik maupun praktisi olah data hitung dengan komputer. Keterampilan pengoperasian komputer termasuk microsoft excel merupakan bagian dari kebutuhan mendasar di era milenial ini. Oleh karena itu, setiap pendidik di yayasan Nurul Aitam diharapkan mahir mengoprasionalkannya dan mengajarkan kembali kepada peserta didik mereka masing-masing kelak.

 

Kegiatan berlangsung sesuai dengan jadwal dan berjalan dengan sangat lancar. Kesan dan pesan terucapkan dari para peserta kegiatan yang sangat mengharapkan kelanjutan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Prodi Sastra Inggris FKB UBSI. Para akademisi yang berperan dalam acara tersebut yaitu Sri Mulyati M.Pd, Irwin Ananta Vidada SE,MM., Unpris Yastanti M.Pd dan dari mahasiswa yang ikut diantaranya Maylinda Vina Violita, Indri Diah lestari, Fefti Supriyatna, Nur Elisa. Dan semoga keberkahan Allah SWT selalu menyertai kita dalam menuntut ilmu dan berbagi ilmu. (IAV)