Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Menjadi Narasumber dalam Pelatihan Teknologi Robotik dan Rapsberry

Sukabumi  BSI-News

Musyawarah Guru TIK (MGTIK) MTs dan MA Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan IT Camp bagi guru-guru TIK se-Kabupaten Sukabumi pada tanggal 3 s.d 4 Januari 2019 di Puri Surya Rawa Kalong - Pelabuhanratu. Kegiatan yang didukung oleh Universitas Bina Sarana Informatika ini bertajuk Pelatihan Program Robotik (Arduino) dan Penggunaan Teknologi Raspberry yang diikuti oleh 85 orang guru TIK se-Kabupaten Sukabumi.

MGTIK mengundang salah seorang dosen Universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi, Irwan Tanu, M.Kom untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Irwan menyampaikan materi tentang Robotik Arduino yang berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan system control, baik bersifat automasi maupun instrumentasi. Selain itu, salah seorang alumni Universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi yang menjadi pengurus MGTIK, Rahmat Kartolo, S.Kom menyampaikan materi mengenai permasalahan UNBK dan Solusinya.

Pimpinan MGTIK, Dr. Widad Arifin mengatakan bahwa kegiatan IT Camp ini bertujuan untuk menyambut kurikulum informatika serta meningkatkan profesionalisme dan kualitas guru TIK. Guru harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan TIK, terlebih memahami pentingnya TIK untuk dapat diajarkan di MTs dan MA.

Pejabat Pelaksana Kurikulum dan pihak Kementerian Agama Republik Indonesia, Erwan mengatakan sangat mendukung gerakan dan inovasi dari MGTIK ini agar dapat mengembangkan madrasah IT bagi siswa-siswi MTs dan MA se-Kabupaten Sukabumi. Semoga dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas guru TIK dalam menyambut kurikulum infornatika di era industri 4.0.