Pengenalan Design Grafis Remaja Karang Taruna Tanah Rendah

Pengabdian Masyarakat Universitas BSI

Jakarta – BSI News

Bentuk dari  Tridarma Perguruan tinggi salah satunya dengan kegiatan “Pengabdian Masyarakat”  seperti yang dilakukan oleh  Universitas BSI. Pengabdian ini berlangsung di Tanah Rendah Rt 008, Rw 08 Gg. 14 yang berlangsung di Aula Jami Ittikhudul Ikhwan Jakarta Timur, yang berlangsung pada tanggal  24 dan 25 November 2018.  Berbeda dengan pengabdian sebelumnya, pada pengabdian kali ini para peserta memberikan materi berupa ”Pembuatan Brosur Dengan Menggunakan Program Photoshop CS 6”.   Adapun beberapa dosen yang terlibat dalam pengabdian ini diantaranya Ana Ramadhayanti, Chepi Nurdiansyah, Jaka Atmaja , Khairul Rizal,  Amir, Murtadi.

Dalam pengabdian ini seluruh peserta mendapatkan materi berupa pengenalan dasar mengenai desin grafik, seperti diawali dengan pengenalan  di menu program Photoshop CS 6. Pengenalan macam macam bentuk logo dan design, hingga membuat sebuah broser secara sederhana.  Dengan dilakukannya pengabdian ini para peserta yang merupakan remaja karang taruna tanah rendah mengaku sangat membantu dan bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain. Seperti salah satunya yang diungkapkan oleh  Achmad Buhon selaku peserta pengabdian .

“Dengan diadakanya pengabdian ini sangat membantu saya dan rekan-rekan dikarang taruna. Dalam pengabdian ini saya diajarkan membuat brosur, awalnya sih sempet ragu bisa apa ngak, tapi ternyata pas dicoba ga begitu sulit. Mudah-mudahan  dengan adanya brosur kami semua remaja karang taruna tanah rendah dapat menyebarkan informasi acara dengan membagikan brosur, dan tentunya ini membantu msayarakat sekali.” Ungkap Achmad Buhon.

Meskipun awalnya  ketua dan tutor cukup sulit mengajarkan  para  remaja ini dalam  belajar design, namun ternyata dengan ketekunan dan niat mau belajar dari para peserta, rasa sulit itu dapat terkalahkan .  Disela-sela para tutor mengajarkan, terlihat peserta begitu memperhatikan  pemberian materi yang diajarkan, bahkan beberapa peserta tidak malu-malu untuk bertanya jika dirasa ia tidak mengerti atau kurang memahami.

Dari  hasil pelatihan yang dibilang cukup singkat yakni  dua hari, namun  hasil design  dari para remaja ini dibilang cukup memuaskan untuk ukuran pemula.  Rasa puas dan senang  terlihat dari raut para remaja ini ketika mereka melihat hasil brosur yang telah mereka buat.

Dengan dilakukan pengabdian ini Ana Ramadhayanti selaku ketua penyelenggara berharap dapat menambah ilmu  pengetahuan bagi para remaja pada umumnya dan bermanfaat bagi masyarakat tanah renda khususnya.

“Sebetulnya pengabdian ini dilakukan  karena saya melihat selama ini pemberian informasi kegiatan atau acara  yang dilakukan dilingkungan tanah tinggi  Rt 008, Rw 08 masih terlihat kurang efektif, lalu tergagas saya  rekan-rekan memutuskan untuk mengajarkan pembuatan brosur agar lebih efektif dalam memberikan informasi kepada warga sekitar.  Dengan dilakukannya pengabdian ini saya berharap remaja sekitar dapat  mengisi waktu mereka untuk kegiatan posistif dan tentunya remaja tersebut dapat mengerti cara membuat brosur,”  pungkas Ana Ramadhayanti. (ana)