UBSI Ajak Milllennial Mandiri dan Kreatif

Pontianak-BSINews

Millennial dan teknologi sekarang bagaikan cermin. Bagaimana teknologi berkembang tergantung pada gaya hidup millennial dan hidup bagaimana gaya millennial tergantung pada perkembangan teknologi. Dikutip pada www.idntimes.com, hal ini membuat keresahan para orang tua yang memiliki anak dengan umur sekitar 15-34 tahun yang termasuk dalam generasi millennial. Karena gaya hidup mereka menjadi jauh berbeda dengan gaya hidup yang diterapkan orang tuanya. Antara lain gaya hidup yang lebih konsumtif, berpikir instan, tidak menjaga sopan santun dan rasa hormat, apatis terhadap lingkungan bahkan lebih mendengarkan komentar orang lain daripada orang tua.

Kecemasan ini ditangkap oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Pontianak menjadi suatu ironi. Dengan membawa tema dalam Pengabdian Masyarakat “Pemberdayaan Remaja Membangun Kemandirian Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengembangan Keterampilan dan Pendidikan Entrepreneurship” pada 13, 20, 27 Januari dan 3 Februari 2019. UBSI mengajak millennial melihat kembali penggunaan teknologi yang selama ini telah mereka lakukan. Lalu bagaimana seharusnya teknologi digunakan dengan maksimal sesuai umur dan peran mereka di keluarga dan masyarakat. Bekerjasama dengan Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara dan Forum Anak Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara yang terdiri dari kurang lebih 20 orang di Aula Kelurahan Jalan Selat Sumba. UBSI memberikan materi dan motivasi mengenai kepekaan sosial terhadap permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka. Lalu melatih menciptakan solusi konkrit dan kreatif khas millennial.

 

Setelah mereka menemukan permasalahan dan solusi kreatif yang dapat dilakukan, materi selanjutnya mereka dikenalkan dengan internet sehat agar mereka dapat membedakan mana informasi yang baik dan tidak sebagai rujukan. Terakhir mereka juga diberikan pembekalan pemanfaatan media sosial dalam berkehidupan sosial sekaligus menjadi entrepreneur muda lewat materi socialpreneur.  Materi disampaikan oleh dosen-dosen UBSI Kampus Pontianak Program Studi Sistem Informasi Akuntansi secara bergantian yaitu Windi Irmayani, SE. M.Kom., Latifah, SE. MM. dan Raja Sabaruddin, M.Kom. dengan dibantu 4 orang mahasiswa.

 

Windi selaku ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat kali ini mengharapkan millennial di Forum Anak Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara mampu menjadi socialpreneur yang eksis membantu penyelesaian masalah sosial sekaligus membangun kemandirian ekonomi dengan  mengangkat kearifan lokal daerah setempat.

 

“Kami berterima kasih sekali atas ilmu yang telah dibagikan, akan kami teruskan kepada teman-teman di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal agar mampu menjadi millennial mandiri dan kreatif,”ungkap Manda, selaku Ketua Forum Anak Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara.