Pengabdian STMIK Nusa Mandiri di Kelurahan Cipinang Besar Selatan Jakarta

Jakarta Bsi-News 

 

Hari Sabtu, tanggal 6 dan 13  April 2019 telah dilaksanakan kegiatan Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pengelolaan Keuangan di Tingkat RW.07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 di Balai Warga RW.07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur yang dihadiri oleh 24 orang warga yang terdiri dari anggota Karang Taruna dan Ibu-Ibu warga RW.07. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian yaitu Ibu Wulan Dari, M.Kom. beliau merupakan dosen di STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai  Pelatihan Dasar Komputer Penggunaan Microsoft  Office (Excel) oleh tutor yang bernama Ibu Endang Pujiastuti, M.Kom., dengan beberapa asisten tutor yang bernama Ibu Lia Mazia, S.Kom, MMSI., Ibu Fattya Ariani, M.Kom., Ibu Lusa Indah Prahartiwi, M.Kom. Selain itu kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa dari STMIK Nusa Mandiri Jakarta yang bernama Dinar Ismunandar dan Shelpi Dewi Lestari.

 

Adapun teknik penyampaian materi Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pengelolaan Keuangan di Tingkat RW.07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan Jakarta yaitu dengan cara menjelaskan cara menggunakan perangkat komputer dan cara menjalankan aplikasi Microsoft Excel. Setelah peserta paham kemudian dilakukan praktek pengerjaan sesuai penjelasan oleh para tutor. Peserta didampingi sampai dengan kegiatan pelatihan selesai, adapun disela waktu pelatihan ada sesi tanya jawab yg dilakukan oleh peserta dan tutor.

 

Kegiatan disambut dengan baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan  para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Pada awal kegiatan diadakan pre-test  untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta dalam menggunakan perangkat komputer beserta dengan aplikasi Microsoft Excel, kemudian di akhir acara juga dilakukan post-test  untuk membandingkan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan di Balai Warga RW.07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur ini ditutup dengan diskusi  mengenai materi, pembagian konsumsi serta foto bersama.