Sosialisasi Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Anak Panti Asuhan ADINDA AKOM JAKARTA UBSI

Jakarta Bsi-News

Jakarta. 22 Mei 2019 tepatnya di Panti Asuhan ADINDA telah diselenggarakannya  Sosialisasi pengaruh bullying terhadap perkembangan anak Panti Asuhan ADINDA. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen AKOM Jakarta UBSI, yang dihadiri oleh Mike Indarsih M.IKom sebagai tutor,  Horidatul Bakiyah M.IKom sebagai ketua, Cindya Yunita Pratiwi, M.IKom, Edi Wijaya M.IKom, Richky Faizal Amir dan Syahrul Munir sebagai anggota. Karena kegiatan ini bersifat edukasi, para peserta yang ditujukan kepada anak-anak yang tinggal di wilayah setempat sangat antusias. Hal ini terbukti dari sambutan yang sangat baik sehingga program sosialisasi dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan. Jumlah peserta yang terlibat berjumlah 50 orang yang mayoritas pesertanya adalah kalangan anak-anak. Kegiatan ini ditutup dengan acara buka bersama dengan anak-anak panti asuhan ADINDA.

Sosialisasi Pengaruh bullying terhadap perkembangan anak merupakan kegatan inti dimana peserta dibekali materi-materi dan tips berkenaan dengan pengaruh bullying terhadap perkembangan anak. Bullying pada anak dianggap sebagai bentuk awal dari kekerasan yang terjadi di masa remaja, dan merupakan suatu bentuk gangguan perilaku. Seseorang dianggap sebagai korban bullying apabila dihadapkan pada tindakan negatif dari seseorang atau lebih, dilakukan berulang-ulang dan terjadi dari waktu ke waktu.

Bullying merupakan salah satu bentuk perilaku agresi. Ejekan, hinaan, dan ancaman seringkali merupakan pancingan yang dapat mengarah ke agresi. Rasa sakit dan kekecewaan yang ditimbulkan oleh penghinaan akan mengundang reaksi anak untuk membalas. Penghinaan muncul dengan tiga keunggulan psikologis yang jelas, yang memungkinkan anak melukai tanpa merasa empati, iba, ataupun malu