Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Dosen-Dosen Stmik Nusa Mandiri Dengan Tema Pelatihan Web Programming Untuk Dkm Masjid Al Muttaqin

Jakarta Bsi-News

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kewajiban dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada semester Genap 2018/2019, dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri melakukan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Maret 2018 berlokasi di Aula Masjid Al-Muttaqin Jalan Jatikramat Indah 2, Gang Mangga 3, Kelurahan Jatikramat, Kota Bekasi. Tema kali ini adalah Pelatihan Web Programing Dalam Membuat Halaman Administrator yang pesertanya terdiri dari Anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan juga masyarakat sekitar Masjid Al-Muttaqin. Peserta sangat senang sekali mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini guna menambah ilmu pengetahuan mereka dan mendukung kegiatan sehari-hari terutama dalam lingkungan masjid.

Pelatihan Web Programming ini bermanfaat untuk membuat sebuah web sederhana menggunakan bahasa script html yang digunakan khususnya untuk menginformasikan secara online tentang kegiatan-kegiatan masjid, seperti informasi uang amal, informasi jadwal ustad penceramah, informasi sholat jumat, kegiatan-kegiatan ramahdan, kegiatan-kegiatan memperingati hari raya islam, informasi pengajian dan juga peserta juga membuat formulir secara online yang mungkin nantinya akan dipergunakan untuk pendaftaran peserta dalam kegiatan-kegiatan masjid. Mereka juga mengenal beberapa istilah dan bentuk item-item dalam pembuatan form seperti combo box, radio button, check box, list box dan button pada html. Mereka juga membuat sebuah database sederhana untuk meyimpan data dari pengisian formulir secara online.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibawah tanggung jawab Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si,M.M, M.Kom dengan Ketua Pelaksana Ibu Siti Marlina, M. Kom dan bertindak sebagai tutor Ibu Yuyun Yuningsih, M.Kom dan didukung oleh anggota yang terdiri dari dosen yaitu Ibu Wida Prima Mustika, M.Kom, Bapak Syarif Hidayatulloh, M.Kom serta mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yaitu Rizki Anita Putri, Amalia Kurniawati dan Cornelia Febri Nilan Indri Fitrian. Keikutsertaan mahasiswa diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka pelajari khususnya Web Programming dan menambah pengalaman mahasiswa untuk terjun ke lingkungan masyarakat.

Bagi dosen STMIK Nusa Mandiri tujuan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini  adalah penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pelatihan dan menyampaikan pengetahuan mengenai teknologi dibidang ilmu komputer bagi masyarakat khususnya untuk para anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Muttaqin dan masyarakat sekitar Masjid AL-Muttaqin. Adapun kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk pengajaran seperti pelatihan, pemaparan teori serta praktek yang dilakukan di Aula Masjid Al-Muttaqin. Peserta mendapatkan modul sesuai dengan tema pelatihan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini juga Sertifikat.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat pada semester ini berjalan dengan lancar dan sangat didukung dengan fasilitas yang disediakan di Aula Masjid Al-Muttaqin sehingga menambah kenyamanan dalam proses belajar-mengajar pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, selain kenyamanan pesertapun sangat senang juga antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini karena mendapat ilmu pengetahuan dibidang ilmu komputer.

Melalui cara ini lah dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengabdikan dirinya. Pengabdian kepada masyarakat ini bersifat secara terus-menerus, dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta berencana untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di tempat-tempat lain agar mereka dapat membagikan ilmu mereka kepada masyarakat melalui pengajaran, pengenalan teknologi khususnya di bidang ilmu komputer.