Workshop Automated Filling System Mahasiswa Administrasi Perkantoran

Jakarta Bsi-News

Pada hari Rabu, 03 Juli 2019 dilangsungkan Workshop dengan tema Automated Filling System yang diperuntukkan untuk mahasiswa Semester 2 Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika. Seminar ini difasilitasi oleh Seorang Arsiparis Madya Pusdatin Arsip Nasional, Bapak Sutiana, S.Kom, M.AP, sedangkan moderator kegiatan ini adalah Ibu Fera Nelfianti, SE, MM.

Seminar ini dilaksanakan di Aula Kampus UBSI Jatiwaringin Lantai 5, dengan jumlah mahasiswa yang hadir sebanyak 64 mahasiswa. Seminar dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai bentuk penanaman jiwa nasionalisme terhadap mahasiswa. Seminar berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Tujuan dari Workshop Automated Filling System ini adalah agar mahasiswa mampu memahami penginputan arsip secara elektronik, proses-proses dalam pengelolaan Arsip Aktif, serta cara input data arsip kedalam aplikasi SIKD ( Sistem Informasi Kearsipan Dinamis).

SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolan arsip dinamis di lingkungan instansi/ lembaga. Aplikasi ini adalah web base application dan bersifat multi user. Bahasa pemograman yang dipakai aplikasi ini adalah PHP dan menggunakan database mySQL. Workshop yang berlangsung selama 3 jam ini mendapat sambutan yang meriah dari mahasiswa.

Mahasiswa banyak bertanya dikarenakan, ini adalah kali pertama mahasiswa belajar mengenai arsip elektronik yang biasanya mahasiswa hanya belajar dan praktik arsip manual. Dengan workshop ini mahasiswa mampu memahami bagaimana cara menghimpun dan menginput data kedalam sebuah aplikasi. Setiap mahasiswa diberikan instalan aplikasi serta materi AFS agar bisa mempelajari aplikasi tersebut lebih lanjut.