Workshop Table Manner Program Studi Administrasi Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika

Jakarta Bsi-News

Kegiatan workshop table manner atau etika makan yang diikuti oleh mahasiswa program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta pada tanggal 2 dan 3 Juli 2019 hari Selasa dan Rabu yang bertempat di Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta yang berlokasi di Jalan Kartini Raya, No.57, Rt.3/Rw.2, Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Workshop table manner ini diikuti oleh 550 mahasiswa program studi Administrasi Bisnis semester 2 (dua) Fakultas Eknomi dan Bisnis Universitas BSI Jakarta cabang Ciledug, Jatiwaringin, Fatmawati, Margonda, Salemba dan Cengkareng yang didampingi oleh dosen pendamping yaitu Ibu Rani Kurniasari S.E,M.M dan Ibu Nurlaela Eva Puji Lestari S.E,M.M. Mahasiswa juga diwajibkan berpakaian formal yaitu menggunakan jas dan celana bahan serta sepatu PDH bagi mahasiswa laki-laki, menggunakan setelan blezer dan rok serta sepatu pantofel minimal 3 cm untuk mahasiswa perempuan.

Workshop table manner dimulai dari pukul 09.00-16.00 WIB, dengan narasumber yaitu Bapak Tito dan Bapak Agung Selaku Manager F&B. Dibuka dengan penyampaian materi berupa teori tentang Etika dan semua hal yang berhubungan dengan Table Manner. Workshop table manner dilaksanakan di ruangan Jasmine Ballrom lantai 6. Dimana pada ruangan tersebut sudah di tata sedemikian rupa untuk mempraktekkan jamuan bisnis. Meja tersebut ditata sedemikian rupa, dengan tatanan di meja antara lain: napkin atau serbet makan, bread & butter plate, butter spreader, dinner fork, diner knife, soup spoon, dessert knife, dessert fork, dessert spoon, water goblet, coffer cup, salt and pepper shaker, sugar bowl.

Pada saat pemaparan materi juga sekaligus dipraktekkan secara langsung oleh mahasiswa/i, kemudian dibuka juga sesi tanya jawab agar jika ada hal-hal yang belum dimengerti dapat langsung dipraktekkan secara langsung atau dipahami. Hidangan yang disajikan dalam jamuan makan oleh Swis-Belhotel Mangga Besar yaitu: Appetizer (makanan pembukan), Soup (Sup), Main Course (Makanan utama), dan Dessert (Makanan Penutup) serta Beverage (Minuman).

Acara ditutup tepat pada waktu 14.00 WIB, dengan sesi foto bersama serta pemberian sertifikat dari pihak Hotel Swiss-Belhotel Mangga Besar yang diwakili oleh Bapak Agung selaku Manager F & B kepada perwakilan mahasiswa/i program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. “Semoga workshop table manner yang telah kita praktekkan bersama dapat menambah skill dan pengetahuan kalian, dan nantinya kalian bisa menjadi seorang pimpinan di tempat kalian bekerja nantinya” Ungkap Bapak Agung selaku Manager F&B. (IGD)