Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Tasikmalaya Tingkatkan Publikasi Jurnal Terindek Scopus

TASIK  Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) PSDKU Tasikmalaya menggelar workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Bereputasi Internasional di kampus UBSI Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya Jumat (6/9).

Workshop yang diikuti 24 dosen UBSI ini menghadirkan pembicara Dr Lala Septem Riza MT. Peserta mendapat materi tentang kiat penulisan artikel ilmiah serta beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait substansi, bahasa, kendala psikologis dan ideologis. 

Ketua Pelaksana Ai Ilah Warnilah ST MKom mengatakan  workshop ini sebagai upaya lembaga untuk meningkatkan minat menulis dosen UBSI hingga mampu mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal nasional maupun internasional.

“Bagi seorang dosen,  menjadi suatu keharusan untuk aktif menulis dan mempublikasi penelitiannya sebagai sumbangsih kemajuan ilmu pengetahuan,” ujarnya seraya mengatakan bahwa workshop digelar Prodi Sistem Informasi.

Kegiatan ini juga menargetkan peningkatan kuantitas dan kualitas artikel ilmiah dosen UBSI yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional yang terakreditasi maupun di jurnal internasional yang terindex SCOPUS.

“Selama ini dosen UBSI sudah biasa menulis jurnal nasional setiap semesternya. Ke depan diharapkan dosen UBSI bisa membuat jurnal internasional yang terindex SCOPUS dan menjadi peserta conference internasional,” ujar Ai yang juga Staff Prodi Sistem Informasi UBSI tersebut.

Ia mengatakan, selama ini kendala yang dihadapi dalam proses penulisan,  salah satunya yaitu bahasa. Jika ingin artikel terpublikasi di jurnal internasional bereputasi, maka   artikel yang ditulis harus berbahasa Inggris.

Kendala lainnya yang sering dihadapi dosen dalam menulis yaitu persoalan waktu. Karena, beban akademik banyak, sementara untuk  menulis perlu waktu yang cukup pula.

Lebih lanjut ia menyampaikan,  menulis itu harus dilatih. Tidak bisa serta merta langsung bisa. “Melalui pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan  kualitas tulisan sehingga layak terpublikasi di jurnal internasional,” katanya.

Selain itu melalui pelatihan ini para peserta memperoleh ilmu dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai seluk-beluk menulis artikel ilmiah terutama di bidang teknologi informasi.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBSI Tuti Alawiyah ST MKom mengatakan workshop ini sangat bermanfaat bagi para dosen. “Melalui kegiatan ini kami menjadi tahu bagaimana menyusun artikel yang baik agar dapat diterima  (accepted) oleh editor dan reviewer untuk dipublikasikan pada jurnal bereputasi internasional,” katanya.