KSR UBSI IKUTI PELATIHAN MANAGEMEN TANGGAP DARURAT BENCANA BERSAMA PMI KOTA JAKARTA BARAT

Jakarta Bsi-News

KSR (Korps Suka Rela) UBSI (Universitas Bina Sarana Infromatika) baru saja selesai mengikuti Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) yang diselenggarakan oleh PMI kota Jakarta Barat, pada tanggal 24-27 September 2019 di Hotel Pramesthi cibogo, Bogor. Kegiatan diikuti oleh kurang lebih sebanyak 24 orang yang terdiri dari KSR unit Universitas Bina Sarana Informatika, KSR unit Universitas Esa Unggul, SIBAT PMI kota Jakarta Barat dan KSR unit Markas PMI kota Jakarta Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pesertanya sehingga siap di mobilisasi sebagai petugas pendukung Tim Pelayanan Operasi Penanggulangan Bencana PMI dan menjadikan para relawannya sebagai relawan yang cepat tanggap terhadap bencana alam yang kemungkinan akan terjadi. Pelatihan-pelatihan yang dilakukan meliputi simulasi mulai dari alur koordinasi dengan posko pusat, pembuatan posko aju, giat assesment, evakuasi, logistik & distribusi bantuan, hingga pelayanan kesehatan terhadap korban bencana.

“Pada saat Terjadi Bencana kita harus cepat tanggap dalam mengatasi berbagai hal yang memang diperlukan di lokasi terjadinya bencana seperti, membangun posko aju, pendistribusian bantuan, dan pemberian layanan-layanan sesuai kebutuhan” Ucap Ka Cecep Hendrayana, selaku koordinator lapangan yang memimpin jalannya kegiatan.

Pada kesempatan itu Pembina KSR UBSI Irwin Ananta mengungkapkan dukungannya atas terselenggaranya kegiatan tersebut, beliau mengungkapkan  bahwa melalui kegiatan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana ini akan menghasilkan sukarelawan-sukarelawan yang semakin menjadi lebih siap dan tanggap dalam mengantisipasi efek bencana.

Bagi para sukarelawan sendiri menaruh harapan kedepannya melalui pelatihan  ini untuk bisa menjadi bekal yang bermanfaat serta dapat membagi dan menerapkan ilmu yang didapatkan kepada teman-teman relawan lainnya, demi rasa kemanusiaan, untuk turut membantu dalam melakukan tanggap darurat saat terjadinya bencana. (IMD/ SDI)