PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNI (D-III) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA DI RPTRA CIPINANG BESAR UTARA

Jakarta Bsi-News

Semakin berkembangnya E-warong selain sebagai UMKM juga sebagai pelaksana penyaluran Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) yang kegiatannya dilaksanakan setiap bulan, jelas sangat membutuhkan suatu catatan keuangan untuk dilaporkan kepada Pihak terkait yang membutuhkan Laporan Keuangan tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh pengurus E-warong adalah kurangnya pengetahuan mereka dalam menyusun suatu catatan keuangan tersebut. Maka Para pengurus dari E warong yang sebagai KPM PKH juga membutuhkan pelatihan tentang laporan keuangan sederhana untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberdayaan ekonomi UMKM di lingkungan RPTRA Kelurahan Cipinang Besar Utara. Oleh sebab itu, Program Studi (D-III) Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu menciptakan dan meningkatkan kemampuan para pengurus UMKM e-warong di lingkungan RPTRA Kelurahan Cipinang Besar Utara dalam penyusunan laporan keuangan sederhana

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2019 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Dasar-Dasar Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Sugiarti, dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Yulia Mujiaty dan dibantu oleh Ibu Resti dan 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Yaitu Krismayanti Puspita Sari dan Salsabila Oktaviani. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 23 orang peserta Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) lingkungan RPTRA Cipinang Besar Utara. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Yulia menjelaskan tentang Dasar-Dasar Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM.

Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Ibu Sugiarti, S.E, M.M yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) dalam mengelola keuangan usahanya. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 11.00 WIB.

Semoga materi Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Pelatihan Dasar-Dasar Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM ini dapat bermanfaat untuk Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH). (UGT)