SEMINAR PENINGKATAN WAWASAN MAHASISWA TENTANG KAMPANYE “AKU BANGGA AKU TAHU (ABAT) TENTANG HIV AIDS

Jakarta Bsi-News

 Pada hari Rabu tanggal 02 Oktober 2019 UBSI Cengkareng bekerjasama dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mengadakan Seminar tentang HIV AIDS di Aula UBSI Cengkareng.

Seminar ini sebagai bentuk kepedulian UBSI Cengkareng bersama dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dalam membantu dan memberi pengetahuan kepada mahasiswa-mahasiswi UBSI Cengkareng tentang pencegahan dan pengobatan bagi penderita HIV.

Seminar ini dibuka oleh Ibu Hasmiati, SKM sebagai Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat. Menurut Ibu Hasmiati mengungkapkan “Kami sangat senang bisa diberikan waktu dan tempat untuk menyampaikan tentang HIV AIDS dan TBC dengan harapan bahwa mahasiswa yang sudah hadir di seminar ini bisa menjadi penyambung lidah kami untuk menyampaikan kepada keluarga, teman-teman dan masyarakat tentang bagaimana cara penularan HIV dan TBC serta cara pencegahannya dengan harapan kasus HIV dan penyakit TBC dapat berkurang khususnya untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Dan kalaupun sudah tertular mereka tahu kemana untuk mendapatkan pengobatannya, salam sehat”. Seminar ini diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa UBSI Cengkareng. Acara ini dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Seminar kali ini menghadirkan dua pemateri, yaitu dr. Radhiana Purisanti yang memberikan materi tentang Pengertian HIV, Bagaimana Cara Penularan HIV, dan Cara Pencegahan penyakit HIV. Pemateri yang kedua yaitu dr. Indah Budhiarti yang memberikan materi tentang Penyakit TBC, Posisi Tuberkulosis Indonesia di Dunia, dan Mengapa TBC Perlu Dieliminasi.

Selain itu, ada pula kegiatan pemeriksaan deteksi kanker secara dini, deteksi kanker payudarah, pemeriksaan TD, BB dan Gula Darah untuk wanita yang sudah menikah.

Acara ini berakhir pada pukul 12.00 WIB. Semoga dengan adanya acara Seminar HIV ini dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa BSI Cengkareng tentang pencegahan dan pengobatan HIV. (ASV)