PEMBUATAN SURAT DINAS MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE 2013 DI RPTRA CIPINANG BESAR

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI ADMINISTRASI BISNIS FEB UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA 

Jakarta BSI-News

Komunikasi adalah salah satu kebutuhan sangat penting bagi setiap orang tanpa terkecuali. Begitu banyak referensi tentang pemahaman fungsi komunikasi telah disampaikan oleh para ahli seperti komunikasi sebagai alat kendali perilaku individu dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi, sebagai alat motivasi, sebagai ungkapan emosional namun secara garis besar komunikasi dapat diartikan sebagai sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam. Berdasarkan pada bentuknya, dalam sejarah hidup manusia terdapat 2 (dua) jenis pola komunikasi yaitu komunikasi lisan yang terjadi secara langsung (tatap muka) dan tidak dibatasi oleh jarak serta komunikasi tertulis yaitu bentuk komunikasi yang berupa tulisan.

 

Manusia memiliki peranan sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan komunikasi sebagai bentuk interaksi dua arah. Komunikasi akan efektif apabila maksud dari pemberi informasi sampai dengan benar atau dapat ditangkap oleh penerima informasi satu sama lain. Sebagaimana telah disebut sebelumnya, salah satu bentuk komunikasi manusia dilakukan melaui tulisan atau surat menyurat. Kegiatan surat menyurat merupakan salah satu kegiatan keadministrasian yang penting, surat menyurat merupakan kegiatan bahasa yang dilakukan dengan interaksi tulis baik dalam kepentingan pribadi maupun bagi instansi pemerintah, swasta, serta lembaga keorganisasian. Surat adalah kertas yang memuat bahan komunikasi yang disampaikan kepada orang lain, baik atas nama pribadi maupun atas nama organisasi atau kantor. Di Indoneisa, kegiatan surat-menyurat modern berkembang ketika kedatangan bangsa Eropa yang dipelopori oleh Belanda di abad 17. Walaupun saat ini fungsi surat sudah tergeser oleh kemajuan teknologi seperti telepon maupun internet, tetapi peran surat sebagai alat telekomunikasi masih banyak digunakan sampai sekarang. Oleh karena itu, jika suatu lembaga pemerintah, swasta, organisasi hingga kalangan pribadi mengabaikan ketentuan surat menyurat maka adalah suatu kerugian besar.

 

Saat ini, surat menyurat tidak lagi ditulis secara tradisional menggunakan kertas dan tinta. Dengan mengunakan kemajuan teknologi, surat dapat dipersiapkan dengan baik dan efektif mengunakan bantuan salah satu fitur Microsoft Office pada komputer yaitu Microsoft Word. Fitur ini adalah sebuah software (perangkat lunak) program pengolah data baik itu berupa huruf maupun angka yang sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen ataupun hal-hal yang berhubungan dengan tulis menulis. Dengan menguasai aplikasi Microsoft Word akan memberi manfaat seperti meminimkan kesalahan dalam penulisan karena kesalahan tersebut dapat dikoreksi dalam waktu yang bersamaan, menghemat waktu dan tenaga serta menghemat biaya.   

 

Berdasarkan latar belakang pentingnya penguasaan perangkat lunak Microsoft Word bagi masyarakat maka civitas akademik Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pembuatan Surat Dinas Menggunakan Microsoft Word 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 26 Oktober 2019 di RPTRA Cipinang Besar Jakarta Timur. Dalam kegiatan ini, para warga rusun diberi edukasi terkait materi dan praktek cara membuat surat menyurat khususnya pembuatan surat dinas yang baik dan benar dengan tujuan agar warga rusun dapat menerapkannya dikemudian hari baik untuk kegiatan surat menyurat di organisasi dengan skala kecil hingga besar.