Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika Bersama Komunitas Mersi 93,9 FM Di Studio Radio Mersi

Jakarta Bsi-News

Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI Jakarta telah melakukan pengabdian masyarakat bersama para  pengurus pendengar radio Mersi 93,9 FM atau yang biasa disebut dengan Komunitas Mersi 93,9 FM di studio Radio Mersi,  Jl. Hos Cokroaminoto No.37 Larangan Utara-Kota Tangerang.   Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh tiga program studi, yaitu Kehumasan, Periklanan dan Penyiaran,  dan dilaksanakan selama 2 kali,  pada tanggal 15 dan 22 September 2019 pukul 09.00 – 12.00 WIB. Masing-masing Program Studi memberikan materi yang berbeda-beda sesuai dengan program studinya.

Materi dalam pengabdian masyarakat yang dibawakan oleh program Studi Penyiaran yaitu pelatihan Pembelajaran Teknik Announcing. Pada kesempatan ini Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Tuty Mutiah dan sebagai tutor adalah Devy Putri Kussanti dan dibantu oleh Susilowati, Agung Raharjo, Andy Setiawan serta A.Rafiq, dan sebagai perwakilan dari mahasiswa Penyiaran, yaitu  Manja Anna.

 Para pengurus Komunitas Mersi Fans Club yang berjumlah 20 orang yang hadir ini menyatakan bahwa mereka adalah para pendengar dan pengagum setia dari program acara yang disiarkan oleh radio Mersi serta mengagumi beberapa penyiar yang selalu melakukan siarannya. Sehingga mereka yang selama ini hanya menjadi pendengar, maka pada kesempatan kali ini mereka sangat antusias untuk dapat mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang penyiar dari radio yang mereka sering dengarkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah sesuai dengan keinginan dan harapan dari para pengurus Komunitas Mersi FM Fans Club, tidak hanya sekedar menjalin silaturahmi dengan para penyiarnya tetapi juga mereka dapat merasakan untuk menjadi seorang penyiar. Sehingga dengan pelatihan ini mereka dapat lebih memahami bagaimana kerja seorang penyiar radio yang selama ini mereka anggap hanya  asal siaran atau “asal cuap” menjadi sarana diskusi dan belajar bersama agar dapat menyuarakan informasi dan juga dapat mengedukasi masyarakat.

Pada acara penyuluhan ini diikuti oleh 20 orang yang merupakan pengurus dari komunitas Fans Club Radio Mersi Jakarta 93,9 FM ini dibuka dengan sambutan  Bapak Riswandi Iskhak,M.Kom sebagai Kepala Kampus Universitas BSI dan bapak Chairulloh sebagai perwakilan dari pengurus komunitas Fans Club Radio Mersi. Dalam sambutannya Bapak Chairulloh menyatakan sangat senang dan antusias dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Universitas Bina Sarana Informatika  mengingat mereka sering pula mengadakan kegiatan Pengabdian pada masyarakat dengan membantu para korban bencana alam.  Namun berbeda dengan pengabdian yang dilakukan oleh Universitas BSI ini justru mereka medapatkan ilmu yang bermanfaat bagaimana menjadi seorang penyiar, dan berharap untuk dapat melanjutkan kerjasama pada pengabdian masyarakat pada kesempatan yang akan datang dengan materi pembelajaran yang berebda dan dapat diambil manfaatnya untuk organisasi mereka kedepannya.. Senada dengan pernyataan pak Riswandi Ishak, menyatakan bahwa dosen-dosen dari universitas Bina Sarana Informatika untuk malksanakan kegiatan Tri dharma Perguruan tinggi dan untuk pertama kalinya melaksanakan dan bekerjasama dengan komunitas pendengar Radio Mersi 93,9 FM.

Para peserta sangat antusias pada acara pelatihan ini, bahkan beberapa dari mereka merasakan kesulitan untuk dapat berbicara secara lepas tetapi terarah sesuai yang dijarkan oleh tim tutor, tetapi mereka tidak patah semangat untuk mencobanya. Dan dari pelatihan ini akhirmya mereka menyadari betapa sulitnya menjadi seorang penyiar radio.

Sebagai penutup pada acara ini dilakukan dengan pemberian plakat/souvenir dari pihak Universitas BSI, dan juga dilakukan Tanya jawab dari hasil pelatihan sebagai Announcer, serta  menyerahkan poster kegiatan pengabdian masyarakat oleh Ketua Panitia,  Tuty Mutiah kepada Bapak Chairulloh sebagai ketua dari pengurus komuniitas Fans Club Radio Mersi 93,9 FM Jakarta, kemudian ditutup dengan sesi foto bersama panitia  dan seluruh  pengurus Komunitas Fans Club Radio Mersi 93,9 FM.