PELATIHAN BAHASA INGGRIS STRUCTURE AND GRAMMAR (AGREEMENT WORDS) PADA YAYASAN SOSIAL HIMMATUN AYAT

Jakarta Bsi-News

Hari itu, beberapa dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika berkumpul di Yayasan Sosial Himmatun Ayat (Himpunan Muslim Penyantun Anak Yatim dan Terlantar), sebuah panti sosial tempat menampung, mendidik, memberikan pelajaran, pelatihan, membekali anak-anak dengan bekal ilmu dunia dan akhirat guna melakukan acara pengabdian masyarakat. Acara pengabdian kepada masyarakat bagi anak-anak panti social yang berjumlah kurang lebih 25 orang. Materi yang disampaikan dalam PM ini adalah mengajarkan bagaimana belajar Bahasa Inggris mengenai struktur dan grammar.  Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dimulai dari pagi hari hingga sore hari pukul 08.00 - 12.00 untuk sesi pagi dan pukul 13.00 – 16.00 untuk sesi sore, Sabtu, 30 November 2019.  

Peserta PM terlihat sangat antusias dari awal kegiatan hingga akhir. Anak-anak ini secara umum dapat dikatakan sangat minim sekali kemampuan Bahasa Inggrisnya. Banyak kejadian lucu yang terjadi pada saat proses belajar mengajar di panti social ini.  Sehingga mereka belum dapat mengeksplor kemampuan Bahasa Inggris mereka apalagi hingga level yang mahir.  Oleh karena itu dengan diadakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mereka merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka hingga level yang tertinggi.  Pelatihan ini kami berikan kepada anak-anak dengan level yang berbeda mulai dari beginner (usia 5 – 10 tahun) dan intermediate (usia 11 – 16 tahun). Mereka kami minta untuk dapat melakukan percakapan sederhana dalam keseharian mereka. Selain itu, kami juga mengajarkan beberapa lagu-lagu berbahasa Inggris serta permainan/ games yang dapat membuat mereka merasa relax dan senang dalam mempelajari materi ini.  

Kegiatan ini kami lakukan sebagai salah satu kewajiban kami sebagai dosen sebagai bentuk dari tri dharma perguruan tinggi terutama untuk memenuhi panggilan hati kami untuk terus dapat berbagi ilmu khususnya bagi lingkungan sekitar dan masyarakat. Kami berharap kagiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta kegiatan dan panitia.