“Pengembangan Pemahaman Internet Sehat Sebagai Pencegahan Berita Hoax”

PENGABDIAN MASYARAKAT UBSI CENGKARENG

Jakarta Bsi-News

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Cengkareng, telah mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan tema Pengembangan Pemahaman Internet Sehat Sebagai Pencegahan Berita Hoax” pada hari Minggu (17/11/2019). Dengan tujuan untuk mengedukasi penggunaan media sosial yang masih sering disalahgunakan terutama dalam hal penyampaian informasi. Dalam waktu ini sering ditemukan berita yang memuat berbagai kasus penipuan, konten yang mengandung SARA (suku, ras, dan antar golongan), tak terkecuali penyebaran berita bohong atau yang lebih dikenal dengan istilah hoax. Acara ini berlangsung mulai pukul 19.00-21.00 WIB bertempat di Masjid Al Munawwaroh yang beralamatkan di Jl. Bambu Kuning, Cengkareng Barat, Jakarta Barat.

Peserta Pengabdian Masyarakat UBSI Cengkareng yang hadir kurang lebih 20 orang yang terdiri dari Remaja Masjid Warga Bambu Kuning, Jakarta Barat.

Robi Aziz Zuama, M.Kom, selaku Tutor dalam materi yang diberikan pada hari Minggu tersebut, menuturkan bahwa “Sangat penting untuk memahami suatu isi dari konteks yang kita terima berupa informasi apakah sepenuhnya dapat dipercaya atau tidak, dikarenakan semakin banyaknya berita yang disebarkan tanpa tau kejelasan maupun fakta yang sebenarnya dalam informasi tersebut, maka dengan mengetahui cara membedakan informasi palsu/bohong (hoax) kita semua bisa mendapatkan manfaat menggunakan internet dengan bijak” papar Robi.

Warga Remaja Masjid sangat antusias mengikuti kegiatan ini, materi yang disampaikan oleh tutor berupa tips dan trik membedakan berita hoax serta cara untuk menggunakan internet sehat, dan diadakannya permainan dengan harapan untuk lebih memahami tentang materi yang telah diberikan oleh tutor, serta dengan perolehan nilai terbaik dari permainan tersebut diberikan hadiah.

Kami panitia Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Deni Gunawan, M.Kom (Ketua Pelaksana), Robi Aziz Zuama, M.Kom (Tutor), Nila Hardi, S.Kom (Anggota), Rian Ardianto, S.Kom (Anggota), Wahyutama Fitri Hidayat, S.Kom (Anggota), Elly Firasari, S.Kom (Anggota), dan Safira Nurul Amalia (Mahasiswa) diadakanya penyuluhan ini berharap Remaja Masjid Al Munawwaroh dengan rata-rata berusia remaja yang sedang dalam masa penentuan jati diri, dapat menggunakan internet dengan bijak dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan berita bohong/palsu (HOAX).