UBSI Peduli Bekasi Bantu Korban Banjir di Tambun Selatan

Bekasi BSI-News

Hujan deras terus menguyur pemukiman di kawasan Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi sejak Kamis (2/1), yang mengakibatkan banjir yang terparah di daerah tersebut. Puluhan warga terpaksa diungsikan oleh petugas gabungan penanggulangan bencana Bekasi dibantu kepolisian dan TNI ke posko-posko darurat setempat. Dampak dari banjir ini juga telah melumpuhkan aktivitas warga serta akses jalan di Tambun Selatan. Sebagian warga harus merelakan rumah, perabotan serta lainnya terendam air. Seminggu selang banjir terjadi air pun sudah mulai surut dan menimbulkan permasalahan baru yaitu keterbatasan makanan, pakaian, obat-obatan serta air bersih terlebih seperti yang terjadi di kampung Kedung Gede, Tambun Selatan.

Tim relawan UBSI Peduli Banjir Bekasi berhasil mencapai lokasi banjir, Jumat (10/1/2020) dengan membawa berbagai macam bantuan berupa makanan, pakaian dan bantuan sembako. Tim yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan UKM UBSI ini dengan penuh semangat membantu mendistribusikan bantuan logistik tersebut kepada warga terdampak banjir.

“Warga yang terkena banjir saat ini memang membutuhkan banyak sekali bantuan baik berupa makanan, pakaian, obat-obatan dan air bersih”, ujar seorang aparat kampung Kedung Gede. Koordinator tim UBSI Peduli Bekasi Nico Palasara menegaskan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut dilakukan oleh tim relawan dan diharapkan dapat menjangkau daerah lain yang terkena dampak  banjir di Bekasi. “Kita akan terus kumpulkan donasi baik berupa barang dan uang yang nantinya kita akan salurkan ke daerah-daerah di sekitar Bekasi yang terkena dampak banjir ini”, ujar Nico.

Pemberian bantuan ini juga disambut hangat oleh warga, dan mereka berterima kasih kepada BSI karena telah membantu mereka meringankan beban hidup. “Terima kasih BSI dan semua kami jadi terbantu dengan ini, bersyukur kami sudah ada yang peduli”, ujar salah seorang warga. Bantuan lain juga di berikan oleh tim UBSI Peduli Banjir di wilayah Jabodetabek seperti Pondok Gede, Bogor, Cengkareng dan lainnya, sebagai pelaksanaan salah satu Tri Darma pengabdian kepada masyarakat.