Irwan Kelana: Dosen Harus Terus Menulis & Berkarya

Jakarta Bsi-News

Milenia News bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer, Selasa (10/03/2020) di kampus UBSI Pontianak.

Kegiatan yang diikuti 29 dosen UBSI Pontianak ini bertemakan “Jadikan Artikel Ilmiahmu Jadi Artikel Ilmiah Populer Siap Publish di Media Online/Offline”.

Eri Bayu Pratama selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para dosen UBSI Pontianak dapat menerjemahkan artikel ilmiah/paper mereka menjadi artikel ilmiah popular.

Lanjutnya, agar penelitian yang mereka buat dapat diterbitkan di media-media online baik lokal maupun nasional. Sehingga informasi penelitian yang disajikan dalam bahasa jurnalistik bisa dibaca masyarakat umum dan mudah dimengerti.

Menurut narasumber, Irwan Kelana yang juga selaku Redaktur Senior Harian Republika, menyebut pelatihan ini sangat penting di kalangan pendidik terutama bagi para dosen. Manfaatnya banyak, salah satuya bisa membranding nama dosen itu sendiri dan nama Universitas mereka.

“Dosen UBSI muda-muda, dan secara ilmu sudah matang karena background pendidikan semuanya sudah S2, maka bisa jadi peluang untuk lebih banyak menulis di media masa,”ujarnya.

Dalam penyampaian materinya, Irwan memberikan tips-tips untuk buat tulisan dengan konten menarik agar menarik minat pembaca dan mendapatkan info dari tulisan yang kita buat. Ia juga memaparkan tentang dasar-dasar penulisan jurnalistik, cara menentukan judul, dan membuat tulisan yang mudah dipahami.

“Dosen harus terus menulis. Tipsnya hanya satu yaitu rutin menulis, buat target minimal dua tulisan jadi dalam sebulan misalnya, nah nanti tinggal bagaimana menyajikannya bisa lewat sosmed atau media lainnya,”tuturnya.

Pada dasarnya semua orang bisa menulis tapi masalahnya siapa yang bisa disiplin untuk terus menulis maka dia yang akan sukses. Karena sebagian orang-orang yang hebat dan sukses semuanya berawal dari rajin menulis. Ia berharap dosen-dosen UBSI Pontianak termotivasi untuk terus menulis dan akan lahir penulis hebat dari sini.