“Berbagi Makanan untuk Berbuka Puasa”

Jakarta Bsi-News

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana banyak keistimewaan dan keberkahan didalamnya, banyak hal yang dilakukan untuk mengisi kegiatan mulia pada bulan Ramadhan, tadarus Al-Qur’an, berdakwah adapun berbagi takjil atau makanan menjelang waktu berbuka puasa tiba. Kebanyakan orang melakukan pembagian makanan menggunakan system/cara mereka sendiri dengan tujuan yang sama yaitu berbagi. Makanan tersebut ditujukan kepada orang yang membutuhkan atau bisa juga musafir yang setelah melakukan perjalanan jauh dari tempat tinggal mereka.

“Berbagi Makanan untuk Berbuka Puasa”, itulah  yang dilakukan Staff dan Karyawan serta Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika sebagai bentuk kegiatan sosial kepada masyarakat sekitar. Senin (18/5), kegiatan tersebut bertempat di Halaman Kampus Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Jatiwaringin dengan mendirikan bebberapa stand di dalam Halaman Kampus sebagai penempatan makanan yang akan dibagikan, kegiatan dimulai Sore Hari setelah waktu Sholat Ashar dilaksanakan. Kegiatan tersebut dilakukan sejak dimulainya bulan Ramadhan setiap tahun dengan berbagai cara atau metode pembagian makanan.

Kegiatan dimulai pada pukul 15.00 yaitu persiapan tempat dan menunggu waktu sholat Ashar. Selanjutnya, sekitar pukul 15.30 persiapan sudah selesai dan mempersiapkan diri di tempat masing-masing. Pada awalnya pembagian makanan tersebut dibagikan secara ack tanpa berbaris atau mengantre, hal tersebut ternyata tidak begitu lancer pada saat pelaksanaan. Kemudian sitem pembagian diganti pada hari berikutnya. Sistem yang digunakan saat pembagian makanan yaitu, terlebih dahulu masyarakat masuk dari pintu gerbang Utama dengan membawa tiket yang sudah diberikan oleh penjaga di depan gerbang,. Ada 2 jalur yang disediakan yaitu jalur sepeda motor dan jalur untuk pejalan kaki. Setelah itu masyarakat mengantre sesuai dengan jalur yang mereka gunakan dengan membawa tiket.

Berhubung Bulan Ramadhan ini dibarengi dengan kejadian Pandemi di Indonesia, yaitu Pandemi Covid-19, protokol kesehatan tetap diterapkan pada kegiatan ini. Para Bapak/Ibu Dosen, staff karyawan serta Mahasiswa menggunakan Masker pada saat membagikan makanan, begitupun dengan masyarakat sekitar yang juga menggunakan masker sebelum masuk ke area Halaman Kampus. Pada saat mengantre, jarak antrian orang satu dengan yang lain berjarak sekitar 1-2 meter sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan dan hal tersebut tidak menyurutkan semangat para Bapak/Ibu Dosen, staff karyawan serta Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika untuk  tetap melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti kegiatan social tersebut.

Masyarakat sangat antusias dan merasa senang karena sudah mengadakan kegiatan berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan. Begitupun tanggapan masyarakat sangat positif atas kegiatan tersebut. Masyarakat berharap semoga kegiaatan ini terus dilakukan sepanjang Bulan Ramadhan ataupun Bulan-bulan biasanya.