Pelatihan Bahasa Inggris “Penerjemahan Literatur” Untuk Anak-Anak Dengan Menggunakan Media Google Classroom Di Yayasan Marhamah Jakarta Timur

Jakarta Bsi-News

Program Studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika melakukan Pengabdian Masyarakat yang bermitra dengan para santri dari Yayasan Marhamah Jakarta Timur.  Yang menarik dari Pengabdian Masyarakat kali ini adalah pelaksanaan PM yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Pelaksanaan PM secara online kali ini disebabkan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akibat Pandemik Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh negara termasuk Indonesia. Pagi itu pukul 10 seluruh dosen sudah stand-by dan bersiap untuk memberikan PM, materi yang akan diajarkan kali ini kepada santri-santri adalah Penerjemahan Literatur dengan mengambil beberapa contoh kasus dan di akhir acara PM, para peserta diminta untuk mengerjakan soal latihan terkait dengan materi Penerjemahan Literatur untuk mengetahui sejauh mana daya serap materi dapat dipahami dan diterima oleh para peserta.  Para peserta mengerjakan soal latihan menggunakan aplikasi Google Classroom dan mengunggah kembali hasil pekerjaan mereka ke Google Classroom, 08/05/20.

Dihadiri oleh Dosen-Dosen dari Prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris sekitar 10 orang, mahasiswa sekitar 4 orang dan peserta yang hadir adalah santri-santri dari Yayasan Marhamah Jakarta Timur sebanyak 10 orang.  Pemaparan materi penerjemahan literature disampaikan oleh Ibu Endang Sri Andayani, SS., M.Pd mulai dari pukul 10.00 – 11.30, terlihat  antusiasme peserta PM cukup baik dengan ditandai beberapa siswa melakukan tanya jawab dalam sesi materi ini. Selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan pengerjaan soal latihan yang diberikan kepada peserta kurang lebih 60 menit durasinya.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang disampaikan memaparkan tentang penerjemahan literature dengan menjelaskan pengertian penerjemahan, syarat penerjemahan, jenis-jenis sastra, prosa fiksi, penjelasan tentang tokoh, latar, alur, gaya, nada dan tema. Contoh kasus yang diberikan pada PM ini adalah tentang proses penerjemahan Legenda Danau Toba. Penjelasan disampaikan dengan sangat perlahan kepada para peserta dengan harapan dapat dipahami dan dicerna dengan baik. 

Pelaksanaan virtual Pengabdian Masyarakat yang dilakukan ini merupakan salah satu kewajiban kami sebagai dosen dimana merupakan bentuk dari tri dharma perguruan tinggi terutama untuk memenuhi panggilan hati kami mentransfer ilmu yang kami miliki. Meskipun dalam situasi yang serba terbatas ini, semoga semangat dan perjuangan kami untuk terus beramal sholeh dan memberikan kepandaian kepada masyarakat dapat tetap terus ada dan memotivasi peserta PM.  Kami berharap program kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan panitia. Semoga kegiatan ini juga dapat menjadi agenda rutin ke depannya.