Pemanfaatan Google Suite For Education Pada Guru dan Santri TPQ Nurul Huda

Jakarta Bsi-News

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika, yakni Kadinar Novel, M.Kom, Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd, Muhammad Muharrom, M.Kom, Achmad Sumbaryadi, M.Kom, Rahayu Ningsih, M.Kom melaksanakan pengabdian masyarakat secara digital (online) di TPQ Nurul Hudan RPTRA Sunter Muara – Jakarta Utara yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa pada saat pelaksanaan.

Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar para guru, staff dan siswa dapat menggunakan fasilitas teknologi Google untuk proses pembelajaran. Dimasa pandemik seperti sekarang ini, pemanfaatan teknologi sangatlah dibutuhkan. Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah guru dan siswa dengan materi pelatihan yang diberikan berupa pengenalan Google Meet sebagain fasiltas tatap muka secara online, dan juga fasilitas Google docs dan Google sheet sebagain penunjang untuk tugas-tugas yang diberikan dari guru kepada siswa. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini, guru dan siswa bisa tetap berkomunikasi melakukan proses pembelajaran walau harus jarak jauh, dan guru pun bisa tetap memantau tugas-tugas yang diberian kepada siswa, sehingga siswa pun tetap aktiv mengerjakan tugas walau jauh dimasa pandemik seperti sekarang ini.

Peserta pengabdian masyarakat menyambut baik kegiatan ini dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Materi yang diberikan mudah dipahami oleh peserta dan sangat bermanfaat untuk membantu dalam proses pembelajaran secara online.