UBSI Dorong Minat Entrepreneur Pengolahan Pattiserie

Jakarta Bsi-News

Webinar UBSI kali ini mengusung tema, Tackling the Failure Probability of Patisserie Processing. Dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 menggunakan media Zoom. Webianr dihadiri oleh 109 peserta yang berasal dari pelajar, guru, mahasiswa, dosen, dan peserta umum.

Webinar dibuka oleh dekan fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Dr. Ani Wijayanti, M.M. CHE, dalam sambutannya disampaikan bahwa materi webinar ini sangat bagus untuk menambah wawasan bagi yang sudah mempunyai pengetahun terkait patiserrie dan membuka wawasan baru bagi yang belum mengenal patisserie. Pengetahun ini diharapkan bisa menjadi modal dan memotivasi untuk lebih kreatif dan menumbuhkan minat untuk berwiraswasta di bidang kuliner.

Di masa pandemi seperti saat ini, kita dituntut untuk bisa mempunyai keterampilan lebih agar dapat menciptakan lapangan usaha bagi diri sendiri ataupun orang lain. Dengan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki di bidang kuliner, maka peluang untuk menjadi entrepreneurship dibidang kuliner terbuka lebar. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan perekonomian yang terpuruk sebagai dampak Covid-19.

Webinar ini dipandu oleh seorang moderator yang saat ini, aktif sebagai dosen Universitas Bina sarana informatika, yakni Atun Yulianto, M.M. Materi disampaiakan oleh Emmita Devi Hari Putri, M.M selaku Kepala Program Studi Perhotelan Universitas Bina Sarana Informatika kampus Yogyakarta. Paparan mengenai strategi menanggulangi kegagalan dalam memproses patisserie, dari mulai pengenalan bahan, proses pengolahan, dan cara penggunaan peralatan dengan baik dan benar. Penggunaan peralatan masak yang tidak tepat sangat berpengaruh terhadap hasil olahan itu sendiri, demikian disampaikan Emmita Devi Hari Putri. Kualitas patisserie sangat tergantung dari bahan baku dan keseimbangan formula. Selain itu, proses produksi juga sangat mempengaruhi hasil akhir olahan.