Dosen UBSI Berikan Pelatihan Media Pembelajaran Online pada Guru SMA Tahfidz Labbaik

Pontianak Bsi-News

Setiap tenaga pendidik pada Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu poin yang harus dilakukan dalam Tri Dharma tersebut adalah Pengabdian Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sebagai wujud penerapan ilmu yang dimiliki oleh pendidik kepada masyarakat di luar Perguruan Tinggi.

Di tengah pandemi seperti ini, para Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak juga harus tetap melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Tim PM yang diketuai Nurfia Oktaviani Syamsiah, M.Kom melaksanakan kegiatan pengabdian di SMA Tahfidz Labbaik Pontianak, Senin (23/06).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama satu bulan dari 02 Juni s.d. 02 Juli 2020 hingga pada proses penyerahan laporan kegiatan. Diikuti oleh 12 peserta yang merupakan para guru SMA Tahfidz Labbaik Pontianak. Tim tutor terdiri dari 6 orang diantaranya 3 dosen UBSI Pontianak, Nurfia Oktaviani Syamsiah, M.Kom, Lisnawanty, ST M.Kom dan Anna, M.Kom dengan jenjang pendidikan S2 serta dibantu 3 mahasiswa sebagai pendamping peserta.

“Walaupun dengan cara yang berbeda kali ini yakni melalui media conference Google Meet, kami masih bisa melaksanakan pengabdian yang sudah menjadi kewajiban dan alhamdulillah berjalan dengan lancar,”ujar Nurfia.

Materi yang disampaikan pada kesempatan kali ini yakni Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Google Classroom Sebagai Upaya Social Distancing di SMA Tahfidz Labbaik Pontianak.

“Kami sharing ilmu ini agar para guru SMA Labbaik dapat menggunakan media pembelajaran secara daring/online sehingga memudahkan mereka tetap bisa mengajar di tengah pandemi saat ini,”lanjut Nurfia.

Sementara menurut Kepala SMA Tahfidz Labbaik Pontianak, Achmad Hafidz Al Tsaqofiy, S.Pd kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi para pengajar di SMA Tahfidz Labbaik Pontianak.

“Saya mewakili segenap guru dan kepesantrenan mengucapkan jazakumulloh khoiron jaza, kami berharap agenda ini bukan pertama dan terakhir, insyaaAllah di lain kesempatan kita bisa bermitra dan bersinergi lagi. Semoga Allah balas kebaikan bapak/ibu dosen dengan lebih sempurna aamiin yaa Robb,”kata Ustadz Achmad.

Tidak hanya ilmu yang didapat, semua peserta juga diberikan e-sertifikat atas partisipasinya dalam kegiatan PM.

Diharapkan dari kegiatan ini peserta dapat memahami pelatihan yang disampaikan sehingga bisa menerapkannya dan untuk kedepannya tim PM dapat menjalin kerjasama yang  baik pada SMA Tahfidz Labbaik Pontianak dengan sharing ilmu dan melanjutkan pengabdian lagi disana.