Jakarta Bsi-News

Selasa, 11 Agustus 2020 Prodi Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan Sosialisasi Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini diadakan guna mempersiapkan mahasiswa/i prodi Penyiaran dalam menghadapi program PKL di masa pandemi ini. Sosialisasi ini sampaikan langsung oleh Kaprodi Penyiaran, Bapak A.Munanjar beserta staf prodi penyiaran. Adapun acara ini dilaksanakan secara virtual melalui akun zoom dan diikuti bertahap oleh mahasiswa/wi prodi penyiaran.

Sosialisasi Magang terdiri dari beberapa rangkaian penjelasan terkait skema dan aturan yang ada pada saat pelaksanaan magang semester ganjil 2020 yang akan datang. Dimulai dengan penjelasan kontrak kuliah dan matakuliah yang harus diikuti bagi mahasiswa/i semester V, dilanjutkan dengan pemapaparan skema praktek kerja lapangan yang terbagi menjadi skema magang, riset lapangan, dan riset dalam jaringan.

Adapun skema magang nantinya untuk mengaplikasikan kompentensi di dunia kerja, mengali pengalaman, bersosialisasi dengan lingkunga kerja, dan menambah wawasan baru bagi mahasiswa/i prodi penyiaran. Pada skema 1, mahasiswa bisa melakukan program magang dengan waktui satu hingga tiga bulan di instansi atau perusahaan yang bergerak di dunia pernyiaran seperti stasiun televisi, radio dan juga media-media penyiaran lainnya. Pada skema magang, mahasiswa diwajibkan untuk mendapat surat keterangan magang/PKL, sertifikat magang dan form penilaian magang yang didapat dari oleh penanggungjawab program magang di perusahaan tersebut.

Skema kedua dan program PKL adalah Riset lapangan, pada skema mahasiswa/I dapat melakukan kegiatan riset pada program acara televisi, radio, produksi film, channel youtube dengan melakukan riset pada  praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Kegiatan riset diadakan dengan melakukan observasi, mengumpulkan data di lapangan dengan wawancara langsung ke bagian terkait sesuai dengan riset yang dilakukan selama 3-5 kali. Pada skema ini mahasiswa diberikan optional melampirkan surat riset atau surat keterangan yang bertandatangan dari pihak tempat riset. Namun, mahasiswa diwajibkan surat pernyataan kebenaran dari data riset yang dilaporkan.

Dan di skema ketiga, mahasiswa/i dapat melakukan riset dalam Jaringan. Pada riset ini mahasiswa dapat melakaukan kajian program televisi, radio, produksi film, atau channel youtube dengan mengkaji data-data dari setiap program tersbebut secara online. merupakan bagian dari Hasil riset dalam jaringan tersebut dibuat dalam bentuk laporan magang dan desain produksi, dengan melampirkan surat pernyataan bahwa semua data yang diriset/dikaji merupakan data yang valid dan benar serta mampu dipertanggungjawabkan. Adapun data Riset dalam Jaringan bisa menjadi referensi program untuk tugas Simulasi program TV. Selain pembahasan terkait skema program magang, terlampir penjelasan terkait Simulasi Program TV yang akan dikolaborasikan dengan kegiatan PKL.

Kegiatan Sosialisasi PKL Prodi Penyiaran Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika berjalan dengan baik dan lancar. Disetiap akhir sesi, Kaprodi tak lupa  memberikan motivasi positif ke mahasiswa/i prodi Penyiaran agar dapat menjaga nama baik kampus ketika PKL di mana pun berada dan dapat memanfaatkan PKL ini untuk pengembangan kompetensi. Kegiatan Sosialisasi ditutup oleh Kaprodi Penyiaran, Bapak Amunanjar dan melakukan sesi poto bersama sebelum kegiatan sosialisasi ditutup. (LRS)