Jakarta Bsi-News

Pelatihan desain mudah dan menarik sebagai penanaman skill desain grafis dan internet marketing dalam pembuatan brosur, leafet, logo produk diadakan oleh para dosen universitas bina sarana informatika (UBSI) fakultas teknologi dan informatika (FTI) Jakarta. Didalam pemenuhan tugas utama seorang dosen adalah menjalankan Tri darma Perguruan Tinggi yang salah satunya melakukan pengabdian masyarakat. Pada setiap semester dosen dituntut melaksanakan kegiataan tersebut, salah wujud dari pengabdian masyarakat tersebut adalah menggelar seminar dan pelatihan komputer dengan melibatkan peserta masyarakat pemuda/i desa cikaragema melalui LPPM Universitas Bina Sarana Informatika, kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari tersebut berlangsung dengan lancar dan sukses.

Ditengah  Pandemi Covid-19 ini proses tri dharma perguruan tinggi yang diantaranya  adalah pengabdian masyarakat juga harus memperhatikan protocol kesehatan.  Hal ini sesuai arahan pemerintah terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Universitas Bina Sarana Informatika dalam hal ini dosen fakultas sistem Informasi Program Studi sistem informasi melaksanakan pengabdian dengan topik pelatihan pelatihan desain grafis dengan potoshop, fixellabs dan canva. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat tetap mematuhi aturan sosial distancing, sehingga pelatihan tersebut disampaikan secara offline dengan menerapkan protocol kesehatan dan  online dengan menggunakan zoom meeting https://zoom.us/j/8746533653?pwd=aFpSM1pvYjE1dVdXZ2NoSGduYzNjZz09 Meeting ID: 874 653 3653 dengan Passcode: 7utpDr.

Pengabdian Pada Masyarakat dilaksanakan pada hari Minggu 28 maret 2021 dengan elemen masyarakat pemuda/i desa cikarageman. Kegiatan diawali pembukaan atau sambutan oleh ketua pelaksana  ibu Nunung Hidayatun dan dilanjutkan penyampaian materi pelatihan oleh Bapak Andrie Kurniawan, Ibu Henny Leidiyana, dan Ibu Ratih Dwi Asworowati. Kegiatan ini berlangsung dengan kondusif. Tutor memberikan penjelasan pembelajaran yang dibutuhkan untuk membuat potoshop, pixellabs, dan canva. Diawali dengan mempelajari basic menu bar sebagai petunjuk perintah-perintah seperti file, edit, image dan fitur lainnya. Menu tool bar/tool box untuk program editing, mempelajari option bar, panel guna mengatur color, navigation, history, layar panel. Selanjutnya peserta diberikan pelatihan level selajutnya dengan mempelajari teknik selection tools untuk menyeleksi sebuah gambar yaitu mengambil beberapa bagian objek yang telah ditentukan terdapat dalam menu standart selection, dynamic selection, dan quick selection untuk menyeleksi berdasarkan warna. Peserta mempelajari juga mengenai teknik corp and slice tools bagaimana memotong gambar atau foto. Annotation, measuring, and navigation tools merupakan untuk mengukur/ruler tool, memberikan catatan/note tool, memberikan navigasi/hand tool untuk gambar. Dalam tahap akhir bagaimana painting tools berfungsi sebagai memberi warna, drawing dan types tools untuk pembuat tulisan (type tool, pen tool) seleksi sebuah bagian gambar (path selection tool) membuat bangun ruang (shape tools). Menyempurnakan dengan retouching tools dalam memperhalus hasil editing gambar yang telah dibuat, hasilnya tampak lebih nyata dan memukau dengan peralatan yang disediakan didalamnya seperti sport heeling brush tool,patch tool, content aware move tool.

Dalam sesi akhir para  mampu memahami materi dengan baik dan ditutup dengan sesi Tanya jawab. Disaat penyampaian materi tutor juga tetap mengingatkan semua untuk dapat selalu menjaga kesehatan, menjaga jarak dan menggunakan masker apabila bepergian keluar rumah. Kegiatan Pengabdian masyarakat akan terus dilaksanakan Universitas Bina Sarana Informatika melalui dosen-dosennya. Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat untuk para peserta dan terus berlanjut pada kegiatan berikutnya.