Jakarta Bsi-News

Kewirausahaan secara umum merupakan kombinasi antara kreativitas yang menciptakan ide dan pertimbangan peluang atau pun risiko dan inovasi dalam menerapkan ide-ide kreatif menjadi suatu bentuk barang dan jasa yang  mempunyai  nilai  jual bagi. Pencapaian kesuksesan dalam berwirausaha tidak didapat secara instant apalagi secara kebetulan, tetapi dengan penuh perencanaan, memiliki visi, misi, kerja keras, dan memiliki keberanian secara bertanggung jawab dri pelaku nya.

Kendala yang perlu menjadi perhatian adalah masih terbatas nya proses edukasi tentang keilmuan kewirausahaan.  Kekurangan informasi mengenai konsep, proses, dan langkah mempertahankan usaha dapat mengakibatkan kurang nya peminatan kaum muda terhadap sektor usaha ini Halangan berikut nya adalah rasa gengsi, tidak bisa dipungkiri anggapan prestisius dalam sudut pandang intelektual muda untuk berprofesi sebagai wirausaha nilainya cukup rendah walau dalam kenyataan nya profit yang dihasilkan dari jenis usaha ini bisa lebih besar dibanding yang didapatkan karyawan level junior di sebuah perkantoran. Edukasi yang diterima khalayak umum dalam bentuk webinar dan sebagainya pun sifat nya baru berupa ajakan atau basic mindset exploration belum sampai pada tahap mengawal potensi yang ada secara berkesinambungan.

Untuk menciptakan suatu usaha, apapun jenis nya, diperlukan perencanaan yang tepat dan terperinci karena perencanaan usaha merupakan alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan, dan hal-hal lain untuk membantu tercapainya tujuan usaha.. Perencanaan usaha merupakan langkah awal dalam berwirausaha untuk mengantisipasi faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan untuk menghadapi setiap tantangan dalam menjalankan usaha.

Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya pandemi Covid 19 yang imbas nya cepat atau lambat akan mengarah pada krisis ekonomi, pemahaman akan kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat rasanya sudah harus dikembangkan dalam sebuah jadwal pelatihan yang sifatnya permanent dimana harapannya adalah dapat menguatkan beberapa faktor seperti kesadaran diri, pengaturan diri dan motivasi yang oleh para ahli, 3 faktor tersebut dikategorikan sebagai faktor pendorong  keberhasilan kewirausahaan.

Menjawab kebutuhan tersebut, para dosen dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika pada tanggal 19 September 2020 mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berbentuk pelatihan kewirausahaan dengan sasaran kaum muda yg merupakan sumber daya potensial karena penuh dengan ide kreatif dan imajiner, sebuah modal penting dalam memulai bisnis berbasis wirausaha. Pelatihan yang bertemakan Membangun Motivasi Dan Kreativitas Berwirausaha Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha ini diberikan secara online kepada kelompok Karang Taruna Rw 01 Pinangsia di bilangan Jakarta Barat.

Tujuan yang hendak dicapai melalui pelatihan ini adalah untuk memotivasi sekaligus memperkenalkan fungsi penting dari rencana usaha sebagai dasar menjalankan konsep agar dapat meminimalisir kebuntuan ide maupun langkah antisipatif yang perlu diambil dalam mengatasi masalah.