BSI NEWS. Universita Bina Sarana Informatika dalam hal ini Dosen Fakultas Teknik dan informatika Program Studi Sistem Informasi Akuntansi melakukan pengabdian masyarakat dengan menggunakan media zoom video conference sehingga pelaksanaan pengabdian pada masyarakat tetep berjalan ditengah kondisi Covid 19 dengan tetap memenuhi aturan social distancing, hal ini sesuai dengan arahan pemerintah.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 3 April 2021, kegitan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan tentang Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis online, peserta pelatihan Karang Taruna RT.016 Kapuk Cengkareng Jakarta Barat. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana Ahmad Fauzi, kemudia sambutan dari ketua karang taruna Rizza Wahyu Fridyansyah dan dilanjutkan penyampaian materi oleh tutor Eulin Karlina.

Dalam sambutannya Ahmad Fauzi, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di Era Revolusi Industri 4G berkembang sangat pesat. Kemampuan menggunakan teknologi sangat diperlukan dalam bidang pekerjaan kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang yang sedang mewabahnya COVID 19 yang semuanya dilakukan dirumah. Masyarakat bias menggunakan sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi dalam hal bisnis dikarenakan keterbatasan aktifitas secara langsung yang disebabkan oleh pandemi covid 19 ini. Menyadari akan hal tersebut pengabdian Masyarakat ini akan memberikan pelatihan Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online.

Sedangkan Rizza Wahyu Fridyansayh selaku ketua karang taruna dalam sambutannya mengatakan bahwa Sebagai organisasi social kepemudaan Karang Taruna RT. 016/016 kelurahanKapuk, Jakarta Barat merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan social lingkungan sekitar dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan seperti sumberdaya manusia, dengan adanya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mampu mengenalkan seputar digital marketing menggunakan sosial media kepada karangtaruna Rt.016 agar sosial media yang dipunya bias dimanfaatkan untuk proses bisnis.

Pengabdian masyarakat meski tidak secara langsung tetap berlangsung dengan kondusif. Tutor menjelaskan tentang kewirausahaan berbasis technopreneurship. Teknologi enterpreneurship merupakan wirausaha berbasis teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam wirausaha adalah pemanfaatan media sosial, sektor bisnis secara online adalah bisnis yang bersifat mobile yaitu kegiatan bisnis yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, konsumen dapat memesan produk atau barang secara online dengan menggunakan media seperti smartphone, laptop, notebook, komputer dan lainnya, dengan media sosial sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pelambatan ekonomi. Kehidupan sosial manusia di era internet ini dapat dikatakan semakin mudah. Keberadaan media sosial dalam genggaman membuat interaksi antara satu orang dengan yang lainnya bak tidak terpisahkan oleh jarak. Jarak ribuan kilometer yang memisahkan bukanlah penghalang bagi manusia untuk saling terhubung satu sama lain.

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang optimalisasi media sosial sebagai sarana bisnis online pada karang taruna RT.016 Kapuk Cengkareng Jakarta Barat Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat untuk para peserta.