BSI News. Pada hari Sabtu, 3 April 2021, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi  & Bisnis , Universitas Bina Sarana Informatika telah melakukan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan. Pelatihan terkait ilmu akuntansi UMKM yang diberikan kepada pengurus RW 01 Kelurahan Buaran Indah Tangerang. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB secara online dengan menggunakan zoom meeting dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PKKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di wilayah  Jabodetabek.

Acara diawali dengan sambutan oleh Bpk Hardiyan S.Kom, M.Kom selaku kepala kampus UBSI Tangerang dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Hj Mulyati sebagai perwakilan dari pihak RW.01 Kelurahan Buaran Indah Tangerang. Pelatihan dihadiri oleh 20 peserta  dari pengurus RW 01 dan RT Kelurahan Buaran Indah Tangerang. Materi mengenai Pelatihan Akuntansi UMKM kepada pengurus RW.01 Keluarahan Buaran Indah Tangerang  disampaikan oleh Bapak : Ade Onny Siagian, S.Pd, S.H, M.H, M.M, M.AP,M.I.KOM, selaku Tutor dan dibantu oleh para tutor lainnya diantaranya : Ninuk Riesmiyantiningtias, S.E, M.Ak, Natal Indra, S.Sos, M.M, Purbo Gunarto, M.M dan 3 mahasiswa yang diikutsertakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini.

Selama pelaksanaan pelatihan, peserta sangat antusias mengikuti pelatihan terlihat  dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan terkait dengan pembuatan laporan keuangan UMKM yang disampaikan oleh para tutor. Gambaran materi yang disampaikan dapat memberikan informasi terkait kemampuan membuat pembukuan sederhana sesuai Standar Akuntansi Keuangan UMKM serta adminsitrasi keuangan dapat berjalan dengan lebih baik. Dengan administrasi yang baik dapat meningkatkan kemampuan UMKM untuk berkembang lebih pesat karena informasi yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Antusias juga terlihat dari kehadiran para peserta dalam mengikuti pelatihan sampai selesai.

Pada akhir acara pelatihan, dilakukan dokumentansi bersama peserta dan Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. Setelah pelaksanaan pelatihan Akuntansi UMKM kepada Pengurus RW 01 Kelurahan Buaran Indah Kota Tangerang dapat membantu para UMKM dapat melakukan pembukuan yang sederhana sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengajuan kredit pinjaman serta untuk mengetahui kondisi bisnis UMKM. Selain itu, setelah pelatihan akan dilakukan konsultasi dalam pembuatan pembukuan sederhana oleh para peserta UMKM kepada para tutor yang menyampaikan materi pelatihan.