Jakarta Bsi-News

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020  dengan judul “Pelatihan Entrepreneurship Berbasis E-Commerce pada Karang Taruna RW 01 Pinangsia”. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, dimana salah satu kelompok dari Fakultas Ekonomi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis diketuai oleh Bapak Arif rahman, MBA.

Pengabdian kali ini terbilang unik dan baru dilakukan dikarenakan adanya penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta setelah sebelumnya dilakukan PSBB Transisi sehingga tidak memungkinan kami untuk terjun langsung kelapangan, dan alternatif yang kami lakukan adalah melakukan pelatihan virtual menggunakan aplikasi zoom Meeting.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sebanyak 16 orang yang terdiri dari 10 peserta dari perwakilan karang taruna pinangsia, 4 dosen dan 2 mahasiswi Program studi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika. Pembukaan acara dilakukan oleh Bapak Arif Rahman, MBA selaku ketua tim dan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan yang disampaikan tutor yaitu Ibu Fera Nelfianti , SE, MM.

Kebiasaan manusia saat ini adalah “Malas keluar rumah” untuk membeli 1 atau 2 barang yang dibutuhkan, dengan adanya kemajuan teknologi, dan berkembangnya website e-commerce membuat kebutuhan pelanggan terjawab, yaitu cukup sekali klik, barang sampai dirumah tanpa harus lelah mengantri ataupun lelah diperjalanan.

Perkembangan E-commerce sangatnya cepat, sebut saja e-bay, alibaba, amazon atau di indonesia kita mengenal e-commerce lazada, Shopee, bukalapak dan tokopedia, jd.id dan sebagainya. Semakin banyak platform penjualan, semakin sedikit minat orang untuk membeli secara langsung, yang akhirnya menjadi ancaman untuk pebisnis yang tidak bisa mengikuti arus perkembangan teknologi, semakin hari banyak bisnis-bisnis yang akhirnya melek teknologi dan beralih memasarkan barangnya lewat internet atau platform e-commerce.

Remaja Karang Taruna RW. 01 Pinangsiapun menyambut baik mengabdian kami kali ini, mereka sangat antusias untuk menerima ilmu-ilmu dari seminar atau workshop yang diadakan untuk mereka. Walaupun pelatihan dilakukan secara virtual, tidak menyurutkan minat mereka untuk ikut bergabung dan banyak bertanya tentang materi yang disampaikan. Karena Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan agar dalam kondisi pandemik seperti ini, bisnis harus tetap hidup dan  berjalan, salah satu caranya adalah memasarkan produk lewat media e-commerce.