Kegiatan Pengabdian Prodi Administrasi Perkantoran UBSI

Jakarta Bsi-News

Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan remaja Majelis TA’lim Hidayatul Mubtadiin. Majelis Ta’lim ini terletak di Gg. H. Ripuh RT 01/ RW 011 No. 22 Paninggilan Utara- Kota Tangerang, Minggu 13 September 2020.

Kegiatan pengabdian yang berlangsung melalui aplikasi zoom ini diikuti 28 peserta dari remaja Majelis TA’lim Hidayatul Mubtadiin serta anggota pengabdian masyarakat yang terdiri dari 7 dosen dan 1 mahasiswa. Kegiatan dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh Ibu Ani Rakhmanita, SE, MM selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian. Kemudian penjelasan materi oleh ibu Eka Putri Handayani, S.Pd, MM Agus Tri Indah, S.IP, MM, Ferry Kartawijaya, S.Pd, MM, Dian Berlian Syahputra, SE, MM, Eddy Kusnadi, S.I.Kom,MM selaku tutor.

Pemaparan materi pengabdian masyarakat kali ini terkait pentingnya kearsipan dalam sebuah organisasi, dimana dalam hal ini panitia ingin berbagi pengalaman dan sharing ilmu dalam penyimpanan arsip secara elektronik kepada remaja  Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin.

Dalam perkembangannya saat ini arsip  mengikuti perubahan  dan kemajuan teknologi sehingga arsip tidak hanya dalam bentuk dokumen tertulis, tetapi juga dalam bentuk digital yang sering disebut dengan dengan arsip digital atau elektronik. Kearsipan Elektronik adalah tata cara mengumpulkan informasi dalam bentuk dokumen yang direkam dan disimpan memakai teknologi informasi dalam bentuk dokumen elektronik dengan tujuan agar dokumen mudah dilihat, dikelola, ditemukan dan dipakai kembali.Memanfaatkan dokumen elektronik maka pembagian/distribusi informasi menjadi lebih efektif, serta dapat memberikan kontribusi pada penyebarluasan.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung ditengah-tengah pandemic ini tidak menyurutkan semangat dan antusias peserta dan panitia untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam hal mengarsipkan dokumen secara digital. Tak terasa kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar kurang lebih 3 jam tersebut berjalan dengan baik dan menyenangkan. Para peserta dari remaja  Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin sangat berterima kasih dan senang dengan materi yang disampaikan karena sangat memberikan manfaat untuk pengurus dalam mengelola arsip dokumen Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin. Semoga kedepannya dapat berlanjut dengan materi lain yang lebih menarik lagi dan lebih edukatif yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.