Jakarta Bsi-News

Sebagai salah satu kewajiban seorang pengajar adalah tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Hal ini yang dilakukan dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Berbeda disemester sebelumnya tema kegiatan kali ini adalah “Pelatihan Strategi Meningkatkan Penjulaan Dengan E-Commerce Pada  Karang Taruna RW 01 Pinangsia”, pada Sabtu (12/9).  Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara online yakni menggunakan Zoom Meeting mengingat kondisi pandemi covid-19 masih terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah pengurus dan anggota Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Barat. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 16 orang. Acara diawali dengan sambutan oleh I Ketut Martana selaku Kaprodi Administrasi Bisnis dan juga dari ketua pelaksana. Tampil sebagai narasumber Faif Yusuf dan Omar Pahlevi mengajarkan tentang bagaimana tip menjadi seorang entrepreneur yang maju di masa pandemi, juga memberikan arahan tentang berpikir sistematis dan cemerlang dalam mengambil setiap peluang dan kesempatan untuk membangun bisnis yang kuat. Peserta juga mendapatkan materi tentang bagaimana pemanfaatan teknologi dalam memasarkan produk menggunakan aplikasi Odoo.

Adapun ketua dan tutor yang hadir dalam pengabdian ini adalah Aloysius Rangga Aditya Nalendras,S M.M , Ana Ramadhayanti S.I.Kom.,M.M, Agni Isador Harsapranata, M.M., M.Kom, Dewi Astuti, S.Si, M.M, Joko Ariawan SE,M.M, Enggar Widianingrum, SE, M.M dan Ahmad Baidawi Alawy( Mahasiswa).  

Pengurus dan anggota Karang Taruna yang notabene merupakan para generasi milenia sangat antusias mengikuti pemaparan/presentasi dari tutor yang menjelaskan materi seputar meningkatkan penjualan dengan e-commerce. Terlebih saat masa pandemi saat ini berbelanja online mengalami peningkatan, mengingat Jakarta sedang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta menjaga jarak demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Pertanyaan pun banyak diajukan dari peserta kepada narasumber, sehingga suasana pelatihan menjadi hidup dan Nampak peserta termotivasi dengan apa yang dipaparkan.

Agni Isador Harsapranata, M.M., M.Kom, selaku ketua panitia menuturkan dengan adanya pelatihan strategi peningkatan penjualan secara online diharapkan dapat memotivasi para peserta menjadi entrepreneur.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini pengurus dan anggota karang taruna dapat termotivasi membangun usaha sendiri, sehingga kedepannya diharapkan menjadi entrepreneur”, ungkap Agni Isador Harsapranata, M.M., M.Kom.