Jakarta Bsi-News

Mengingat setelah kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi dan diumumkan secara resmi di Indonesia, kegiatan perekonomian berangsur lesu dan bahkan sebagian besar telah terhenti. Lesunya aktivitas ekonomi berimplikasi pada meningkatnya PHK, tidak sedikit perusahaan harus mengurangi karyawan bahkan tutup usaha. Keadaan seperti ini tentu mengharuskan kita untuk mencari cara lain agar tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita harus bisa melihat peluang dan berpikir jangka panjang di saat pandemi Covid-19 ini. Dalam rangka menghadapi keadaan tersebut maka diperlukan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan seperti pelatihan bisnis online yang saat ini menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan masyarakat untuk menambah penghasilan.

Selama ini belum banyak dari kalangan masyarakat yang memaksimalkan manfaat dari teknologi informasi untuk pengembangan usahanya, padahal penggunaan teknologi informasi yang bisa digunakan telah banyak tersedia seperti e-commerce, dan berbagai software/program  khusus yang dapat digunakan sebagai media dalam memasarkan produknya.

Atas dasar tersebut, pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Young Entrepreneurship”. Kegiatan ini dikhususkan bagi Anggota Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Barat dengan total peserta 17 orang yang terdiri dari 10 orang anggota dan pengurus karang taruna, 2 orang perwakilan mahasiswa dari fakultas ekonomi dan bisnis serta 5 orang kepanitiaan pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam dimulai dari pukul 10.00 WIB secara online melalui aplikasi zoom meeting, diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Ibu Nurzalinar Joesah, SE, MM dan dilanjutkan dengan pembahasan materi yang dibawakan oleh Ibu Idah Yuniasih, M.Pd, kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab serta foto bersama. (PDT)