Jakarta Bsi-News

Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis karya ilmiah (Tugas Akhir) sebagai salah satu syarat akademik kelulusan, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyelengarakan sosialisasi Tugas akhir secara daring dalam bentuk kegiatan webinar dengan tema adalah “Tingkatkan Pemahaman Tugas Akhir Mahasiswa Guna Menghasilkan Karya Ilmiah Yang Berkualitas”. Webinar sosialisasi Tugas Akhir ini diselenggarakan pada hari Kamis 7 Januari 2021 dengan dua sesi waktu pelaksanaan mengingat jumlah peserta yang banyak. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa semester V(lima) pada Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Utama dengan total peserta adalah 713 Mahasiswa. Sesi pertama pelaksanaan webinar dimulai pada pukul 09:00 wib hingga 12:00 wib sedangkan sesi kedua dimulai dari pukul 19:00 wib sampai dengan 21:30 wib dengan narasumber ibu Veti Apriana, M.Kom dan moderator Ibu Sifa Fauziah,M.Kom. Webinar ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi PSDKU kampus Pontianak Ibu Lisnawanty, M.Kom. Dalam sambuatannya beliau menyampaikan bahwa sosialisasi Tugas Akhir ini dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang penulisan karya ilmiah sehingga mahasiswa dapat membuat Tugas Akhir ini dengan baik, mudah dan benar sesuai dengan bimbingan dan pedoman yang berlaku.

Dalam kegiatan webinar ini narasumber memberikan pemaparan tentang Tugas Akhir mulai dari persyaratan akademis, proses bimbingan hingga outline tugas akhir yang dapat dipilih oleh peserta. Bapak Adi Supriyatna, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Utama menyampaikan terkait Outline Pemilihan Tugas Akhir terdiri dari; 1) Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi (Individu atau Kelompok), 2) Penerapan Software Akuntansi (Zahir, ABSS, Accurate, dll), 3) Aplikasi Program Interaktif (Desktop/Web/Animasi/Mobile). Pelaksanaan kegiatan webinar sosialisasi Tugas Akhir ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, peserta sangat antusias dalam mengikutinya beberapa pertanyaan disampaikan peserta kepada narasumber dan dijawab secara lugas sehingga peserta merasa puas meski belum semua pertanyaan terjawab karena keterbatasan waktu namun demikian panitia membuka ruang konsultasi dan pertanyaan melalui media sosial lain seperti WhatsApp Group. Peserta memberikan kesan yang positif terhadap palaksanaan kegiatan, karena dengan mengikuti kegiatan ini mereka dapat merasakan manfaatnya seperti memperoleh pengetahuan lebih dalam mengenai outline yang akan dipilih, menambah rasa percaya diri dalam mengukur kemampuan diri bahwa mereka mampu akan outline yang mereka pilih, nilai tambah lulusan sehingga mudah terserap di dunia usaha dan industri sesuai dengan background pendidikan. Narasumber memberikan kesan positif terhadap pelaksanaan kegiatan webinar sosialisasi Tugas Akhir ini melihat antusis peserta. Kita berharap kegiatan webinar ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dengan lebih baik lagi karena sangat besar manfaatnya baik untuk peserta maupun Program Studi Sistem Informasi Akuntansi.