PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Jakarta Bsi-News

Ketidakmampuan berkomunikasi dapat menyebabkan seseorang tidak percaya diri ketika ia tampil di depan umum. Bagi mereka yang memiliki rasa takut untuk berbicara di depan publik, akanmuncul rasa panik yang sangat mengganggu pikiran. Padahal entah disadari atau tidak, berbicara merupakan kebutuhan semua orang. Baik dari tuntutan profesi untuk dapat berbicara di depan publik dan melakukan presentasi, maupun aktivitas keseharian sebagai mahluk sosial.

Demikian disampaikan Ita Suryani, S.Sos, M.I.Kom, Dosen Public Relations Universitas  Bina Sarana Informatika kepada remaja-remaja yang terhimpun dalam Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin di Jl. Dr CiptoMangunkusumo, Gg H Ripuh RT 01/11 No.22, Paninggilan Utara Ciledug-kota Tangerang dalam rangka pelatihan “Public Speaking for Teenagers.”

Tema pelatihan “Public Speaking for Teenagers” ini dipilih oleh Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika mengingat Public Speaking merupakan kegiatan yang sangat baik bagi remaja untuk melatih keberanian dan ketrampilan.

Mengingat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, maka kegiatan pelatihan  “Public Speaking for Teenagers” ini dilaksanakan secara online lewat aplikasi Zoom. Namun demikian, acara yang digelar pada hari Minggu, 13 September 2020 ini tidak hanya berlangsung lancar, namun juga cukup interaktif.

Nampaknya para anggota pengajian yang diasuh oleh Ibu Dian Kurniasih , Ustadzah alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, JawaTimur yang kebanyakan berusia remaja ini sadar bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat menunjang kegiatan mereka sebagai kaum muda. Maka pelatihan yang berlangsung mulai jam 09.00 – 12.00 WIB tersebut terasa padat.

Dengan adanya pelatihan Public Speaking yang melibatkan sekitar 30 orang peserta ini, diharapkan remaja Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadin dapat lebih berani untuk berkomunikasi dihadapan publik, menyampaikan ide atau gagasan di hadapan publik.Selain itu mereka juga dapat berlatih bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dan pesannya dapat diterima dengan baik oleh publik.