Banyumas Bsi-News

Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk saling berbagi dengan sesama. Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1442 H, BEM dan Ormawa UBSI Banyumas mengadakan kegiatan Ramadhan Berbagi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 April 2021, dimulai pukul 09.30 – selesai WIB yang bertempat di Desa Alasmalang. Acara Ramadhan Berbagi ini diselenggarakan oleh BEM, HMTK dan UKM Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kabupaten Banyumas. Bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk lebih bersyukur karena sampai saat ini kita masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk berbagi dengan mereka  yang membutuhkan. Rasa syukur ini ditunjukkan melalui kegiatan-kegiatan yang positif, seperti kegiatan santunan kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain sebagai rasa syukur, juga dapat meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan antar anggota Ormawa.

Briefing acara dilaksanakan pukul 09.00 WIB, dibuka oleh Khoerul Amin selaku Ketua Acara  dengan menjelasan konsep acara. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua BEM UBSI Kampus Banyumas, Reifqi Pratama. Pembagian jobdesk acara dijelaskan oleh Wahyuningtyas selaku Sie Acara dan diakhiri dengan doa bersama agar acara dapat berjalan dengan lancar.

Acara dimulai pukul 11.00 WIB dengan membersihkan Masjid Al-Istiqomah untuk memberikan rasa nyaman kepada warga yang hendak beribadah dan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap Masjid yang dijadikan tempat untuk beribadah. Selain itu, kita juga membeli beberapa kebutuhan untuk membersihkan Masjid. Dilanjutkan dengan sholat dzuhur berjamaah. Acara selanjutnya yaitu pembagian sembako yang dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB, dimulai dengan  mempersiapkan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang telah didata. Acara ini diharapkan dapat membantu meringankan beban orang lain sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Selain itu, dapat meningkatkan rasa solidaritas antar sesama anggota mahasiswa, menanamkan rasa peduli terhadap sesama, dan dapat menjadi manusia yang bermanfaat untuk sekitarnya. Adapun isi sembako meliputi beras, minyak, kopi, gula pasir, teh dan mie instan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara pengajian dan doa bersama di Masjid Al-Istiqomah yang dilaksanakan setelah ba’da Ashar, pengajian ini dibuka oleh Yuditya Nurfaiz dan Khoerul Amin selaku moderator dan  ketua acara, dilanjutkan oleh Bapak Siswanto selaku pembicara dalam pengajian tersebut. Pengajian ini diikuti oleh mahasiswa , anak-anak  dan warga sekitar. Pengajian ditutup dengan pembagian takjil buka puasa kepada anak-anak dan warga yang mengikuti pengajian. Selain itu, kita juga membagikan takjil buka puasa kepada warga yang membutuhkan dipinggir jalan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta dapat menajalin silaturhami yang baik antara sesama umat muslim.

Acara Ramadhan Berbagi ini ditutup dengan kegiatan buka puasa bersama, diikuti oleh sebagian panitia acara. Dalam buka puasa bersama ini dijadikan sarana evaluasi acara dan bincang-bincang antar panitia. Diharapkan dapat memberi hal positif kepada panitia untuk acara-acara selanjutnya. Setelah selesai tarawih, dilanjutkan dengan pembagian nasi kotak kepada jamaah sholat tarawih di Mushola. Hal ini tentu membuat warga merasa senang dengan adanya acara Ramadhan Berbagi. Semoga dengan adanya acara Ramadhan Berbagi, kita dapat lebih peduli terhadap sekitar terutama orang-orang yang membutuhkan. Doa mereka menjadi berkah kita selaku panitia acara.