Jakarta Bsi-News

Pandemi Covid-19 tidak menyulutkan semangat Universitas Bina Sarana Informatika melalui Fakultas Teknik & Informatika Program Studi Sistem Informasi untuk menggelorakan didunia pendidikan. Beragam aktivitas penyuluhan motivasi dan inovasi pengembangan perangkat pendidikan terus ditingkatkan untuk memberikan dukungan kepada Mahasiswa. Disaat perkuliahan tatap muka ditiadakan karena pandemi Covid-19 diganti dengan perkuliahan jarak jauh (PJJ) seolah-olah tidak ada aktivitas yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Melalui wadah kegiatan yang ada di kampus ataupun melalui Himpunan Kemahasiswaan dibawah asuhan prodi Sistem Informatika tetap membuka peluang mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pendidikan serta ajang lomba yang diselenggarakan oleh Kemdikbud secara daring. Acara tahunan yang diadakan oleh kementerian Pendidikan Republik Indonesia menyelenggarakan acara GEMASTIK  khusus untuk tahun ini diadakan secara daring. Kegiatan tersebut merupakan ajang untuk mengukur tingkat kekuatan penyelenggaran pendidkan yang sudah dilakukan oleh lembaga atau institusi pendidikan, sampai sejauh mana Mahasiswa dapat menyerap dan mengembangkan ilmu yang didapat selama perkuliahannya.

Salah satu tim peserta lomba yang akan mengikuti ajang GEMASTIK yaitu TIM ViGenesia diketuai oleh Sdri. Rahmadani Siregar dengan anggotanya Fauko Missalam, Arif Yudi Suryo Utomo, Sindy Kenora  dibawah asuhan Bp. Syaiful Anwar dan Bp. Sriyadi. Mereka merupakan perwakilan Mahasiswa Margonda dari prodi Sistem Informasi dalam skema programming pada acara GEMASTIK 13.  Selain dari kampus UBSI Margonda juga ada tim lainnya yaitu Tim ELPIDA (Kampus UBSI Karawang ) dan Tim Kelpon Putu (Kampus UBSI Tegal).

Pada perhelatan pertama yaitu babak pemanasan (Warming Up), Tim ViGenesia mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan tersebut karena link dan login GEMASTIK 13 tidak bisa dimasuki. Segala upaya sudah dicoba akhirnya pada 2 jam waktu akan berakhir baru bisa akses ke link GEMASTIK 13, ternyata ada kesalahan pada link aksesnya. Dalam kondisi sedikit panik karena waktu tinggal sedikit, tim tetap semangat untuk mengikuti acara teresebut, kendala kedua muncul lagi soal sudah bisa dijawab tapi media untuk mengupload jawaban tidak bisa diakses, terjadi error. Pada akhirnya, tim ViGenesia kehabisan waktu untuk mengupload karena waktu sudah menunjukkan waktu 15.00 wib yang merupakan batas waktu terakhir kegiatan pemanasan lomba.

Semangat tim ViGensia ternyata tidak kendor, pada ajang lomba pada tanggal 19 September 2020 tetap semangat mengikuti arena lomba yang diadakan mulai jam 10.00 ~ 13.00 wib. Kendala yang dihadapi oleh tim masih terjadi ditahap ini, file jawaban yang dikirim oleh tim masih dianggap error di compilernya. Tim berusaha untuk mengakali dan memperbaikinya jawaban, namun usaha yang dilakukan tim ViGenesia masih belum berhasil menaikkan score nilai yang ada. Saya rasa tim perwakilan dari Universitas Bina Sarana Informatika masih kurang pengalaman dalam mengikuti ajang lomba programming. Diharapkan untuk kedepannya unit prodi Sistem Informasi dan Himpunan mahasiswa Sistem Informasi bisa bekerjasama dalam menyiapkan tim-tim akan dikirim ke dalam ajang lomba GEMASTIK berikutnya. Tetap semagat dalam beraktivitas menuntut ilmu, semoga kedepan Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika lebih jaya lagi dalam mengikuti ajang lomba GEMASTIK. (Syaiful)