Tingkatkan Lulusan Berkualitas, Program Studi Manajemen Pajak Universitas BSI Gelar Review Kurikulum

0 83

Jakarta BSI-News

Dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermutu, tentunya dibutuhkan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terkini. Oleh sebab itu Program Studi (Prodi) Manajemen Pajak, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) meyelenggarakan Review Kurikulum yang dilaksanakan secara online via zoom conference, Kamis, (05/08) lalu.

Dalam  kegiatan review ini, menghadirkan  narasumber Christine Tjen dan Dian Nastiti dari Universitas Indonesia. Selain Ketua Program studi Manajemen Pajak, Eka Dyah Setyaningsih serta dosen-dosen Prodi Manajemen Pajak lainnya, kegiatan ini juga dihadiri dekan FEB Universitas BSI, Dr. Ani Wijayanti dan dosen dari FEB Universitas BSI.

Kegiatan webinar review kurikulum ini, dimulai jam 09.00 WIB dengan diawali pembukaan dan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada kesempatan ini Dr. Ani Wijayanti menyampaikan, harapan adanya kegiatan review kurikulum ini, bisa menjadi bahan kajian tambahan dalam penyusunan kurikulum.

“Saya mengharapkan dengan adanya kegiatan review kurikulum ini, dapat menjadikan masukan dalam menyusun kurikulum khususnya prodi Manajemen Pajak dimasa yang akan datang,” tutur Dr Ani.

Sementara itu, sebagai pembicara, Dian Nastiti memaparkan, seputar kurikulum yang dimulai dari penjelasan visi dan misi.

“Penyusunan kurikulum ini, secara framework (kerangka) diawali dari visi, misi, tujuan dan diturunkan ke CPL (Capaian Pembelajaran) kemudian diturunkan ke CPMK (capaian Pembelajaran Matakuliah) dalam penyusunan RPS, RTM dan Silabus, serta proses monitoring evaluasi dari setiap matakuliah. Selain itu, dibahas juga mengenai MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang sedang digodok di Universitas Indonesia,” ungkapnya.

Christine Tjen menambahkan bahwa, penyusunan kurikulum hingga saat ini tetap menggunakan acuan MBKM.

“Content (isi) dokumen  kurikulum Prodi Manajemen Pajak, dari penyusunan CPL sampai dengan mapping matakuliah apabila nanti diterapkan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),” imbuhnya.

Menurut Eka, kegiatan ini berjalan dengan diskusi interaktif yang menarik antara narasumber dengan para peserta yang membahas mengenai kurikulum dan mata kuliah di prodi Manajemen Pajak.

Menurutnya, dengan berjalannya kegiatan tersebut, dapat menambah wawasan serta masukan sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu.

“Semoga dengan adanya kegiatan review kurikulum ini, dapat menjadikan masukan untuk penyusunan kurikulum prodi manajemen pajak yang akan datang dan menghasilkan output yang berkualitas,” tutup eka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.