Jakarta Bsi-News

Pengabdian Masyarakat (PM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkesinambungan oleh seluruh civitas akademika di antaranya dosen dan mahasiswa yang melibatkan masyarakat sekitar juga. Sebelum terjadinya virus Covid 19 kegiatan PM dilakukan secara tatap muka langsung dengan peserta atau masyarakat yang terlibat langsung dengan kegiatan PM ini. Namun, di tengah pandemi COVID 19 yang melanda negara Indonesia dan penerapan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada beberapa wilayah Indonesia termasuk DKI Jakarta, kegiatan pengabdian masyarakat secara langsung tentunya tidak dapat dilakukan karena terkait PSBB tersebut. Sehingga UBSI Jakarta sebagai kampus cyber melakukan kegiatan pengabdian masyarakat secara online menggunakan media ZOOM Meet yang di ketuai oleh Bapak Harsih Rianto, M.Kom.

Pengabdian masyakat kali ini mengangkat tema pemanfaatan teknologi ”Strategi Peningkatan Penjualan Secara Online Produk UMKM Saat Era New Normal Pada Karang Taruna Rw 01 Pinangsia Jakarta”. Diikuti oleh maksimal 15 peserta dari karang taruna RW 01 Pinangsia Jakarta, kegiatan ini mendapat reaksi positif dari para peserta. Hal ini diketahui dari antusias-nya peserta mengikuti kajian pembahasan e-commerce dengan menggunakan aplikasi ZOOM meet.

Pelaksanaan PM ini akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 12 September 2020 10.00 – 10.45 dan 10.45 – 11.30. Dibuka dengan sambutan koordinator kelompok pengabdian masyarakat Universitas BSI Bapak Slamet dan sambutan ketua pelaksana bapak Harsih Rianto, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi e-commerce oleh ibu Tri Hartati sebagai tutor. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai akhir pertemuan, dimana setiap akhir pertemuan selalu ditutup dengan pertanyaan dan diskusi dengan peserta mengenai materi yang sudah disajikan. Besar harapan kami semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada para peserta.   Diakhir kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan foto bersama peserta karang taruna RW 01 Pinangsia Jakarta sebagai bukti dokumentasi telah dilakukannya pengabdian masyarakat oleh akademisi Universitas BSI Jakarta.