Ekspedisi 25 Gunung Dan Pendidikan di Daerah Terpencil

0 86

Mereka Telah Melaksanakannya Dengan Sempurna

Genap sudah, 25 Hari di bulan November yang dilewati oleh tim ekspedisi dalam memperingati Ulang tahun BSI yang ke 25. Mengulas dari perjalanan awal semenjak kegiatan ini dirancang semenjak 6 bulan lalu seperti tidak percaya bahwa kegiatan ini bisa berhasil dengan sangat sukses tanpa kendala yang cukup berarti. Rencana awal yang dicetuskan oleh Direktur BSI dengan maksud untuk memberikan tantangan kepada Organisasi Mahasiswa BSI, kini  dijawab dengan bukti yang memuaskan. Bukan hanya secara kepanitiaan yang sukses, namun juga keberlangsungan acara dan pengaruh dari kegiatan ini yang dirasa sangat baik.
Secara garis besar, kegiatan Ekspedisi ini, dibagi menjadi 2 fokus gerakan. Yang pertama adalah pendakian 25 gunung aktif di Indonesia (Jawa-Bali), dan yang kedua adalah pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa BSI di 25 desa terpencil yang berada di bawah kaki gunung. Secara umum, kegiatan yang berada langsung dalam koordinasi Bidang III Kemahasiswaan ini merupakan kegiatan yang maha besar, bahkan bisa dikategorikan sebagai kegiatan pertama kali di Indonesia yang menggabungkan konsep kegiatan pendakian dan pengajaran dengan jumlah titik sebanyak ini.

Secara umum, kegiatan ini melibatkan 250 mahasiswa aktif yang rela menyederhanakan dirinya untuk bisa masuk kedalam pelosok-pelosok desa dalam rangka melakukan pengajaran dan berlatih menjaga fisik untuk melakukan pendakian ke 25 gunung di Indonesia. Antusias mahasiswa dalam menyambut kegiatan ini terlihat sangatlah besar, ini terbukti dengan beberapa keputusan mahasiswa yang bahkan hingga rela memutuskan untuk resign dari kantornya, agar focus dalam kegiatan ini. Bukan itu saja, bahkan selama 3 bulan pembekalan yang di tiap minggunya melakukan pertemuan sebanyak 3 kali, peserta rela untuk mengorbankan materi dan tenaganya untuk berkumpul dan mempersiapkan diri.

Usaha keras yang mereka lakukan sebelum kegiatan ini dilaksanakan berbuah manis. Dalam kesempatan kunjungan yang dilaksanakan oleh Team Bidang III kemahasiswaan ke beberapa titik Sekolah Dasar di daerah Jawa, kami mendapati bahwa mahasiswa BSI mendapatkan sambutan yang sangat ramah dari masyarakat sekitar. Bahkan beberapa diantara mereka mengakui bahwa mahasiswa BSI berbeda dengan mahasiswa dari universitas lain yang secara kebetulan dilain waktu juga pernah melakukan kegiatan yang sama. Beberapa diantara mereka beranggapan bahwa masyarakat seperti menerima pemuda-pemuda baru yang supel dan dinamis, Karenanya tidak segan-segan, mahasiswa BSi dilibatkan dalam kegiatan desa, seperti kepanitiaan pemilihan kepala lurah ataupun kegiatan silaturahim pedesaan.

Sisi lain kebanggan kami pun menyeruak, ketika mengetahui bahwa murid sekolah dasar yang mereka berikan pengajaran begitu tidak rela saat mengetahui bahwa sang guru harus kembali pulang untuk menjadi mahasiswa. Tidak jarang, saat pelepasan kepulangan mahasiswa, semua anak murid sontak keluar dan menangis seraya memeluk dan mengatakan bahwa, “kakak tidak boleh pergi, kakak harus tetap disini”, Suara yang begitu mengagumkan untuk didengar.

25 November 2012, menjadi titik terakhir, berkumpulnya tim Ekspedisi gunung dan tim pengajar di Selo, Kabupaten Boyolali. Tepat dibawah kaki gunung merbabu ini, mereka berkumpul dan melakukan acara pelepasan kembali kontingen yang melakukan ekspedisi dan pengajaran untuk kembali ke Jakarta dan melakukan fungsinya sebagai mahasiswa. Pelepasan kepulangan, ditandai dengan sambutan dari Pudir III Kemahasiswaan, Syamsul Bahri, MM. M.Kom,  dan juga oleh tokoh warga sekitar.

SDN 1 Selo, menjadi saksi haru penuh kebanggaan tentang kisah pemberani yang berhasil memanifestasikan kesederhanaannya dalam bentuk yang sederhana pula, namun berakhir pada kemewahan yang paripurna.

Seperti apa yang pernah dikatakan oleh Pramoedya Ananta Toer, “Buat apa kau berpendidikan, tapi kau tidak mengajarkan apa yang kau punya?, karena tanggung jawab seorang intelektual setelah ia kembali dari bangku kuliahnya, adalah untuk bermanfaat di Masyarakat”. (ICR)
 

602646_428411980545573_1882215436_n_400

3922_428411937212244_988815746_n_400 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.