Ekspedisi 25 Gunung & Pendidikan di Daerah Terpencil

0 40

Kunjungan Staff Bidang III Ke 2 Lokasi di kaki gunung Cikurai

2 Minggu berselang, semenjak mereka diutus untuk mengabdi di desa terpencil dengan melakukan pengajaran. Dengan itu juga, para tim pendaki juga sudah menyelesaikan setengah dari 25 gunung yang akan mereka daki.  Itu artinya, mereka sudah melakukan setengah pencapaian dari usaha terbaik mereka. Banyak sekali kisah yang mereka laksanakan disana, dari setiap foto-foto yang dikirim ke redaksi staff pudir III kemahasiswaan, mereka mengabarkan semangat dari kejauhan.

Pudir III kemahasiswaan dan beberapa staff memang mengagendakan untuk melakukan kunjungan ke beberapa lokasi yang mewakili setiap daerah. Tepat Jum’at lalu tanggal 9 November dan Selasa kemarin tanggal 13 November 2012, mereka sudah melakukan kunjungan ke 2 lokasi. Lokasi pertama adalah SDN Jayagiri yang berlokasi di JL. RAYA CIBODAS,  KP. RARAHAN DESA CIMACAN. KEC. CIPANAS KAB. CIANJUR.

Pukul 21.30, semenjak kedatangan tim bidang III kesana, disambut dengan keramahan dari warga sekitar, tak segan-segan, bahkan kami disediakan tempat tidur untuk menginap di perpustakaan sekolah, yang berhasil mereka sulap menjadi kamar pribadi. Sempat-sempatnya mereka menaruh televisi dan kasur berikut dengan peralatan tidur yang kami butuhkan. Suasana yang sangat mengagumkan bagi kami. Selang pagi menjelang, kami berkesempatan melihat mahasiswa BSI yang diberikan waktu mengajar. 5 Mahasiswa BSI yang berkesepatan untuk mengajar disana, dengan percaya diri dan meyakinkan diberikan waktu mengajar sendiri di depan kelas. Mereka mengajar kelas 1,2,4,5, dan 6.

Cecep S,pd selaku kepala Sekolah SD Jaya giri mengatakan bahwa mereka sangat terbantu dengan kehadiran teman-teman mahasiswa dari BSI, bahkan ia dan guru-guru lain mengakui, bahwa Mahasiswa BSI memiliki karakter yang sangat supel dibandingkan dengan mahasiswa lain yang pernah kulah kerja nyata (KKN) disana. Kunjungan ini diakhiri dengan sesi foto-foto bersama seluruh jajaran guru dan beberapa murid yang saat itu sudah keluar sekolah.

Kunjungan kedua dilanjutkan ke MI Al Ikhlas berlokasi di KP. GUNUNG PUTRI RT. 003/008 DESA SUKATANI KEC. PACET KAB. CIANJUR. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan yang cukup sulit, karena lokasi sekolah berada di titik tertinggi dibawah kaki gunung cikurai, Kami sampai pada siang hari dan tidak menginap. Dikunjungan kali ini, lagi-lagi kami berkesempatan untuk melihat mahasiswa BSI sedang mengajar dengan percaya diri. Bukan itu saja, selain mereka mengajar, mereka juga diberi kesempatan untuk menjadi guru les di sore hari.

Melihat kontribusi yang sedemikian banyak, bisa dikategorikan kegiatan ini sangatlah bermanfaat dalam rangka membantu perkembangan sekolah-sekolah dibawah kaki gunung. (ICR)

sdn_jayagiri_2_400

Foto : Bersama Siswa Siswi SDN Jayagiri

alikhlas5_400

Foto : Bersama Siswa Siswi MI Al Ikhlas

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.