Kegiatan AKPAR BSI Yogya

0 0

Festival Kuliner Non Beras

Jakarta BSI News

Kamis, 06/12/12 AKPAR BSI Yogyakarta mengikuti lomba “Festival Kuliner” yang berlangsung pada hari minggu tanggal 2 Desember 2012, Kabupaten Kulon Progo Desa Banjaroya di Kawasan Wisata Pintu Air Cilangap Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo. Festival ini diikuti oleh 32 kelompok peserta Lomba Memasak se-Kecamatan Kalibawang. Festival kuliner banjaroyo memotivasi kelompok masayarakat di kalibawang menciptakan aneka jenis makanan dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Dalam festival ini peserta tidak di perbolehkan menggunakan bahan baku beras. Adapun bahan persyaratan lomba yang digunakan adalah bahan non beras yaitu jagung, ubi-ubian, ketela, talas, kimpul, labu-labuan, garut, sukun dan lain sebagainya.

Dari mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta ada yang mengikuti lomba tersebut dengan menyajikan masakan dari 2 kelompok. Kelompok 1 menyajikan Kroket Sukun dan minuman Jus ubi ungu dengan anggota mahasiswa AKPAR semester 1 yaitu Shinta, Siska dan  AB Para. Kelompok 2 menyajikan kue Kulon Nangka dan minuman Wedang Progo Janoko dengan anggota dari semester 1,3,5 yaitu Vivin, Nur, dan Edi.

Kue kulon nangka adalah olahan dari bahan baku biji nangka yang dikukus dengan isian nangka didalamnya dan dibungkus daun jati. Dewan juri memberikan komentar nama dan bahan yang digunakan unik, kreatif dan inovatif. Akhirnya Vivin, Nur dan Edi berhasil membawa pulang Piala dengan peringkat Juara 2. Sukses buat mahasiswa AKPAR BSI Yogya berhasil meraih piala lomba memasak untuk yang kedua kalinya.(sdr/tika/ana)

 
 
 img_6440_400
Foto : Suasana Festival Kuliner
 
 
img_6563_400 
Foto : Pemenang Festival Kuliner
 
 
Leave A Reply

Your email address will not be published.