Kegiatan di BSI Pemuda Rawamangun

0 46

Remaja Ceria Indonesia dan Putra-Putri Bahari (BSI)

Jakarta, BSI News

Seluruh peserta terlihat bergegas menaiki anak tangga yang ada di aula BSI. Dengan kostum yang anggun, formal nan modern peserta memasuki aula tempat registrasi. Suasana seperti sedikit berbeda dengan suasana seperti biasanya yang ada di BSI yang ramai dengan seluruh mahasiswa/I yang BSI.  Suasana sedikit berbeda karena seluruh peserta sedang mengikuti event yang diselenggarakan oleh Bina Sarana Informatika (BSI).

Untuk meningkatkan kreaktivitas mahasiwa/i yang ada di seluruh Propinsi di Indonesia, BSI menyelenggarakan event yang bertemakan “Remaja Ceria Indonesia dan Putra-Putri Bahari”. Kegiatan ini hampir diselenggarakan oleh BSI. Kegiatan ini yang berlangsung di BSI Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya harus mengikuti audisi denga berbagai persyaratan yang telah dipenuhi sebelumnya. Adapun pernyaratan yang harus mereka buat diantaranya seperti, Usia, Formulir, Surat Keterangan Dari Orang Tua, dan Curriculum Vitae (CV). Ada ketentuan khusus untuk usia, bagi peserta yang mengikuti Remaja Ceria Indonesia (RCI) harus berusia 19 – 25 tahun, sedangkan untuk peserta Putra-Putri Bahari Berusia 20 – 27 tahun.

Remaja Ceria Indonesia biasa diikuti oleh para peserta yang masih duduk di bangku SMA/SMU, sedangkan untuk Putra-Putri Bahari diutama bagi mahasiswa/i. Kegiatan ini berlangsung selama dari tanggal 24 s/d 25 Nov 2012. Dihari pertama seluruh peserta wajib untuk mengikuti test, serta mempersentasikan artikel yang telah meraka buat sebelumnya dengan waktu tiga menit dan penilaian oleh dewan juri selama dua menit. Tema artikel yang mereka buat untuk dipresentasikan, sebelumnya telah ditentukan oleh panitia. Untuk peserta Remaja Ceria Indonesia mereka membuat artikel dengan tema “Potensi Pemuda untuk Mengembangkan Remaja Ideal di Propinsi Masing-Masing”, sedangkan bagi peserta Putra-Putri Bahari mereka wajib membuat artikel yang bertemakan “Potensi Kebaharian dari Masing-Masing Propinsi yang Diwakilkan”. Bukan hanya berbeda tema artikel, namun dari sisi kostum mereka juga diberbeda. Untuk Remaja Ceria Indonesia memakai kostum Batik sedangkan untuk Putra-Putri Bahari memakai kostum Pakaian Kerja atau Formal.

 Sedangkan dihari yang kedua seluruh pesrta mendapatkan pembekalan materi yang dibawakan oleh empat pembicara dari BSI, diantaranya Yulikuspartono mengenai Attitude dan Kepribadian, Kapten SAR tentang Kebangsaan Berbahasa, Ahmad Setiadi mengenai Kepemudaan dan Bahari, dan Dr. Purindo Mengenai Public Speaking.

Peserta yang hadir dihari pertama berjumlah 86 peserta yang terbagi dalam Remaja Ceria Indonesia sebanyak 45 peserta dan Putra-Putri Bahari  sebanyak 41 peserta. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya telah mengikuti audisi terlebih dahulu yang bertempat di Auditorium Gelanggang Remaja Jakrta Selatan. Dalam audisi ini seluruh peserta diinterview tentang Personality serta seputar Bahari serta kepemudaan). Setelah mereka lolos dalam tahap Audisi, lmereka mengikuti ketahap berikutnya yang berlangsung di tanggal 24 s/d 25 Nov 2012.  

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari SMA/SMU serta Universitas yang tersebar di Indonesia bahkan di luar negri, seperti SMAN 8, SMAN 84, SMA Kartini, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Al Azar Indonesia, Moestopo, Malaysia Universitas Teknologi dan lain-lain. (ana)

                                                                                    Foto : nda

rci_1_400_01 

Foto : Suasana Saat Test 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.