Kegiatan Mahasiswa Periklanan dan Humas
Saatnya Himajur Periklanan dan Humas Beraksi
Keahlian dan kemampuan bukan anugerah atau bawaan dari lahir, melainkan suatu proses yang bisa dibentuk. Menyadari akan hal ini, insan-insan yang berada dalam jurusan periklanan Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) berupaya untuk menghidupkan kembali himpunan mahasiswa jurusan (himajur). Sebenarnya kurang lebih dua tahun yang lalu himajur periklanan pernah ada, namun belakangan kegiatannya sempat vakum. Inilah yang menyebabkan mahasiswa jurusan periklanan merasa perlu melakukan konsolidasi untuk membuat rencana mengaktifkan kembali himpunan mahasiswa pada jurusan tersebut.
Terkait dengan rencana pengaktifan himajur ini, maka pada Jum’at 24 Februari 2012 beberapa perwakilan mahasiswa periklanan dari cabang, Margonda, Cengkareng dan Salemba mengadakan pertemuan. Pada pertemuan ini hadir juga Dina Andriana sebagai dosen yang ditunjuk ketua jurusan periklanan untuk memberikan bimbingan dan arahan pada para mahasiswa.
Pada pertemuan yang diadakan di Salemba 45 terungkap betapa mahasiswa butuh wadah untuk mengembangkan keahlian serta bakat yang dimilikinya. Tidak sampai disitu saja, organisasi semacam himajur ini juga bisa dijadikan jembatan antara pihak kampus dengan mahasiswa terkait dengan kebijakan pada proses belajar mengajar. Bahkan keberadaan himajur ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada perusahaan- perusahaan biro iklan yang mencari sumber daya manusia (SDM) yang berpotensi.
Dina Andriana menyatakan, pada dasarnya kami selaku dosen setuju untuk dengan aktifnya kembali himajur. “Dengan adanya himajur ini, mahasiswa punya wadah untuk mengembangkan bakat serta potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa”, ujar Dina. Ia juga menuturkan bahwa organisasi ini mampu mendata mahasiswa dari jurusan periklanan yang memiliki potensi sehingga user (biro iklan.red) yang minta SDM bisa terpenuhi. “Selain itu, organisasi ini juga sebagai salah satu bentuk penyaluran mahasiswa agar bisa berkiprah di dunia kerja”, ujarnya bersemangat.
Hasil pada pertemuan ini rencananya himajur akan membentuk tiga divisi yaitu divisi infokom sebagai divisi yang akan mencari dan mengelola informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa, divisi litbang yang berperan terhadap penelitian dan pengembangan pada bidang ilmu periklanan dan divisi event atau kegiatan yang nantinya akan berperan pada aspek-aspek kegiatan mahasiswa. Lebih jauh lagi Dina juga menjelaskan bahwa dalam perkembangannya divisi-divisi tersebut bisa jadi akan bertambah sesuai dengan kebutuhan dari para mahasiswa sendiri.
Hasil dari pertemuan ini akan disosialisaikan kepada para mahasiswa lainnya. Lalu setelah perkuliahan aktif kembali tepatnya pada 19 Maret 2012 mendatang rencananya akan ada pertemuan lanjutan yang agendanya membicarakan struktur pengurus serta program kerja dari himajur periklanan ini.
Sementara itu pada waktu yang sama di kampus dewi Sartika B juga diadakan pertemuan pembentukan himajur hubungan masyarakat (humas). Bertindak sebagai sebagai dosen pembimbing pada pertemuan ini adalah Halimatusa’diah. Ada hal unik pada hasil pertemuan ini. Karena tidak semua mahasasiwa bisa menjadi anggota himajur humas. Hanya yang memiliki indeks prestasi kumulatif tiga atau lebih yang bisa bergabung. “karena kelak anggota himajur humas akan memberikan kontribusi dalam proses kegiatan belajar-mengajar, jadi tidak sembarangan mahasiswa bisa gabung”, demikian ujar Halimah.
Sudah saatnya himajur periklanan dan humas beraksi. Diharapkan bila nanti terbentuk himpunan mahasiswa jurusan ini, para mahasiswa mampu berkarya dan berkreatif secara optimal. Semoga himajur ini menjadi sarana kreasi dan prestasi. irw/ana
Sudah saatnya himajur periklanan dan humas beraksi. Diharapkan bila nanti terbentuk himpunan mahasiswa jurusan ini, para mahasiswa mampu berkarya dan berkreatif secara optimal. Semoga himajur ini menjadi sarana kreasi dan prestasi. irw/ana