Kegiatan pengabdian kampus salemba 45

0 86

 PENGABDIAN BAGIAN DARI KEWAJIBAN DOSEN

Kewajiban dosen tidak hanya berkiprah dalam dunia akademis kampus, namun juga pengabdian yang bersifat sosial. Aplikasi pengabdian itu bisa saja dalam bentuk pelatihan ataupun transfer ilmu kepada masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, dosen Bina Sarana Informatika (BSI) kampus Salemba 45 melakukan pelatihan di yayasan Annur Mukiyam.

Pada Rabu 7 maret 2012, tepat pukul 11 tim dosen tiba di yayasan yang terletak di Jalan Bukit Duri Tanjakan Batu Jakarta Selatan. Baru setelah tiga puluh menit kemudian acara pelatihan di salah satu ruang labaratorium yayasan tersebut dimulai. Meski ruang laboratorium yayasan yang dimiliki oleh Drs. Umar Sumardinata tersebut relatif kecil dan sederhana namun peserta pelatihan terlihat sangat antusias. Hal ini terlihat ketika Rachmat Suryadithia yang bertindak selaku pengajar di pelatihan tersebut memberikan trik efek foto pada program photoshop. Proses pelatihan ini berjalan relatif lancar karena para peserta pelatihan  sudah terbiasa menggunakan komputer, terlebih pada pelatihan tersebut mereka diberikan kesempatan untuk memberikan efek pada foto mereka tersendiri.  Dalam proses pelatihan ini adit juga dibantu oleh Amir, Widarti dan Ana Ramadhayanti.

1331092938296_400

Foto :Proses Pengajaran

Adapun pemilihan yayasan Annur Mukiyam sebagai tempat pengabdian dosen kampus BSI Salemba 45 karena yayasan ini memiliki anak asuh yang berpotensi untuk berkreasi dalam mendesain serta menyablon gambar di baju atau kaos. “Kita harus memberikan sesuatu yang berarti pada mereka, sehingga ilmu nya bisa dipake dalam kegiatan sehari-hari”, demikian kata Rachmat Suryadithia.   

1331096564504_400
Foto : Yayasan Annur Mukiyam

Sebagai gambaran Yayasan Annur Mukiyam itu didirikan pada awal 1999 dan mengasuh siswa yang berusia 6 sampai 17 tahun. Anak asuhnyapun bervariasi dan tidak hanya siswa sekolah formal saja tapi ada juga yang ber profesi seperti, pengamen serta office boy. Bagi anak-anak yang belum pernah mengenyam dunia pendidikan, di yayasan ini menyediakan sistem pendidikan paket, mulai dari A, B dan C. Paket A setara dengan SD, paket B setara dengan SLTP dan paket C setara dengan SMU. (ana/irw)

Leave A Reply

Your email address will not be published.