Workshop Semester 1 Fotografi dan Model

0 15

Asyiknya Memotret Model !!!

pc051982_400_03 Memperkenalkan mahasiswa dalam dunia praktek sangat mendukung khususnya mahasiswa dalam bidang teori, seperti yang diselenggarakan oleh BSI (Bina Sarana Informatika) yang bekerja sama dengan RBS (Rana Bahtera Sejahtera) Studio dalam  menyelenggarakan worshop fotografi yang bertajuk “Workshop Fotografi Satu Hari Cahaya! Fotografi dan Model”.

Mahasiswa yang hadir dalam seminar merupakan  mahasiswa semester satu dari beberapa kampus bsi, yakni Dewi Sartika, Fatmawati,  Salemba, Jatiwaringin, Margonda, Cengkareng dan Ciledug. Workshop fotografi ini berlangsung di Aula Besar Museum Bank Mandiri Jl. Taman Stasiun Kota, Jakarta Barat, 6 November 2011. Seminar berlangsung mulai dari 29 November 2011 sampai 6 Desember 2011, yang terbagi dalam dua, sesi pertama (08.30 – 12.00) dan sesi kedua (13.00-16.30).

Ir.Priadi Soefjanto selaku pembicara dalam workshop merupakan fotografer profesional sekaligus pengajar di Akom BSI. Dalam workshop beliau menjelaskan bahwa minimnya praktek fotografi di dalam kelas, merupakan salah satu tujuan diadakannya workshop tersebut. “Workshop ini bertujuan untuk mengisi bagian yang masih kurang terutama praktek, sehingga mahasiswa mendapatkan praktek langsung di bidang fotografi. Selain itu workshop ini memiliki sertifikat sehingga mampu mendongkrak CV mereka,” ungkap  Ir.Priadi Soefjanto.

Dalam kesempatan tersebut mahasiswa diberi materi seputar teknik fotografi dasar, penekanan cahaya, serta merekam pada kamera, seperti framing, exposure, mengukur dan lain-lain. Kegiatan workshop ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan dan ketiganya mengambil lokasi yang berbeda.

Untuk workshop pertama pemilihan bertempat di IKJ (Instintut Kesenian Jakarta), kedua di Museum Wayang, serta yang terakhir di Museum Bank Mandiri. Adapun alasan pemilihan lokasi di Museum Bank Mandiri karena menurut Priadi Soefjanto, lokasi ini merupakan gedung sejarah dengan lokasi yang cukup luas serta memiliki taman yang dapat digunakan sebagai tempat pemotretan. Selain itu ia juga menuturkan bahwa pemilihan tempat seminar yang berbeda-beda sangat penting, karena berkaitan dengan visual adventure, bagaimana anak-anak broadcasting yang terutama di kameramen / visual dapat menemukan setting baru. “Lebih enak di sini, tempatnya unik jadul, habis bosen d ciledug terus,” ujar Brilian, salah seorang mahasiswa Broadcsating Ciledug.

Diworkshop itu mahasiwa diberi pelatihan seputar teknik pemotretan seperti, Out of focus, Selective focus, Hiperfocal focus, Freezing / Frozen Motion, Blur Motion, Silhouette, Bulb, Zooming dan Circling. Para peserta begitu terlihat antusias mengikuti workshop. Dalam worshop mereka tak hanya dibekali seputar materi, namun juga teknik langsung memotrek seorang model cantik, sebagai objek.

Terus ciptakan hasil karyamu, jangan takut gagal dan tetap semangat..!! (ANA)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.