Workshop Semester 1 Sistem Media Studio Karnos Film

0 4

Lima, Empat, Tiga, Dua, Satu  ACTION !!!

foto_1_400Jurusan Penyiaran AKOM Bina Sarana Informatika sudah lima tahun  rutin bekerja sama dengan Karno’s Film melaksanakan kegiatan workshop bagi mahasiswa semester satu. Kegiatan workshop yang dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 23 November 2011 di studio 2 karnos film, mereka bisa lebih intensif mengaplikasikan teori yang telah diajarkan dosen di kelas, dengan melakukan simulasi siaran didukung studio yang memadai. Selain simulasi siaran mahasiswa juga diajarkan membuat back sound dengan menggunakan bahan yang tersedia di alam sekitarnya. Tidak itu saja mahasiswa memperoleh pembelajaran praktek make up character  dan special effect dalam editing dari mentor-mentor berpengalaman.

Metode pembelajaran lewat workshop sifatnya fun learning sehingga lebih memudahkan mahasiswa  memahami materi yang telah disampaikan dosen di kelas. Kontribusi workshop  cukup besar pengaruhnya terhadap  proses kognitif mahasiswa dalam memahami dunia penyiaran karena mereka tidak hanya berimajinasi namun ril melakukan aktivitas siaran. Pada simulasi siaran cukup seru mahasiswa semester awal sudah menjadi Program Director, Floor Director bertanggung jawab menjalankan alat broadcast seperti kamera, switcher, VTR dan Audio dan tidak kalah menarik host yang tampil sebagai talent dalam program acara berdurasi 5 menit tersebut membuat tertawa para penonton lainnya.

Tahap awal workshop, mahasiswa dikenalkan dengan sistem kerja studio, yaitu sistem kerja berbagai peralatan studio. Kemudian mahasiswa dikondisikan dalam suasana siaran  yang sesungguhnya. Setelah itu mahasiswa diberi pengenalan seputar efek green screen, yaitu efek seseorang sedang terbang di depan layar berwarna hijau sambil melayang, sehingga seolah-olah terlihat seperti terbang.

Make-up karakter diajarkan kepada mahasiswa bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana menampilkan watak tertentu bagi seorang aktor dan aktris di panggung, misalnya make-up untuk membuat wajah terlihat lebih tua, berwatak keras, ramah, berwibawa, lucu, manja, dan lain-lain. Sedangkan special effect artistic diajarkan agar mahasiswa memahami cara membuat  luka bakar, sayatan pisau, dan lain-lain.  

Mahasiswa mahasiswi semester 1 sangat antusias dalam mengikuti workshop, terus semangat untuk belajar !! (ANA).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.